Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sandiaga Akan Sambut 32 Biksu yang Jalan Kaki dari Thailand ke Candi Borobudur

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan menyambut kedatangan 32 biksu yang berjalan kaki dari Thailand menuju Candi Borobudur, pada 2 Juni 2023.

Para biksu ini, kata Sandiaga, berjalan kaki menuju Candi Borobudur di Jawa Tengah untuk mengikuti perayaan Waisak yang berlangsung pada 4 Juni 2023.

  • 2.000 Lampion Bakal Dilepas di Festival Waisak Borobudur 2023
  • Cara Pesan Tiket Melepas Lampion Waisak 2023 di Candi Borobudur

"Saya akan menyambut mereka (32 biksu) pada 2 Juni. Mereka ditargetkan tiba di Candi Borobudur pada 2 Juni, dan mengikuti perayaan Hari Waisak yang jatuh pada 4 Juni (2023)," kata Sandi dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf di Jakarta, Senin (15/5/2023).

Thudong, rutual keagamaan Buddha

Sandiaga mengaku takjub dengan perjalanan spiritual lintas negara yang dilakukan oleh 32 biksu tersebut. Kata dia, tradisi berjalan kaki itu disebut "Thudong" dan merupakan ritual keagamaan Buddha.

"(Perjalanan) melelahkan, tapi terus menginspirasi kita. Diikuti para biksu yang berasal dari Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia, ini pertama kali digelar di Indonesia, dan akan kita kembangkan sebagai bagian dari wisata religi," ucap dia.

Para biksu ini, kata Sandiaga, diketahui berjalan kaki dari sebuah vihara di Provinsi Nakhon Si Thammarat, Thailand, yang berangkat akhir Maret (2023) lalu.

"Mereka sudah berkelana melewati Malaysia, dan memasuki wilayah Singapura bulan April 2023. Lalu, ke perbatasan Singapura-Indonesia, (melalui) Batam, 32 biksu kemudian berjalan menuju Jakarta, dan saat ini (15/5/2023) sudah melewati Jakarta, mereka sudah ada di Karawang," tuturnya.

Untuk itu, ia mengajak publik mendoakan para biksu yang tengah mengikuti ritual keagamanan ini agar tetap sehat dan bisa sampai ke Candi Borobudur dengan selamat.

"Supaya bisa sampai ke Candi Borobudur sesuai rencana tanggal 2 Juni dalam keadaan selamat," ucap dia.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/16/100525927/sandiaga-akan-sambut-32-biksu-yang-jalan-kaki-dari-thailand-ke-candi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke