Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Wisata Alam Wonosobo, Ada Telaga Warna dan Kebun Teh Tambi 

KOMPAS.com - Kabupaten Wonosobo memiliki obyek wisata unggulan yaitu dataran tinggi Dieng. Namun demikian, sebagian wilayah dataran tinggi Dieng masuk dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Selain dataran tinggi Dieng, ada tempat wisata alam di Wonosobo lainnya yang tidak kalah menarik. Wisata alam Wonosobo tersebut berupa kebun teh, air terjun, waduk, dan kolam pemandian air panas. 

  • 7 Hotel Murah di Wonosobo, Harga Rp 100.000-an Per Malam 
  • Tiket Festival Balon Udara Wonosobo Dijual Akhir Mei 2023, Ini Harganya

Wisata alam Wonosobo 

Berikut sejumlah destinasi wisata alam Wonosobo seperti dihimpun Kompas.com.

Telaga Warna adalah salah satu wisata di Dieng yang masuk Kabupaten Wonosobo. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (31/08/2021), dinamakan Telaga Warna karena warna air danau berubah-ubah saat terkena pantulan sinar matahari. 

Fenomena ini disebabkan oleh tingginya kandungan belerang pada air danau. Tempat wisata ini berada di ketinggian 2.000 mdpl dengan bentang alam yang indah, serta dikelilingi panorama Gunung Prau.

Waktu yang paling ideal untuk mengunjungi Telaga Warna adalah saat pagi atau siang hari. Karena pada saat sore hari, kawasan sekitar telaga tersebut akan ditutupi kabut tebal.

2. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon terletak di samping Telaga Warna. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (02/08/2019), dinamakan Telaga Pengilon lantaran warna air di sini jernih, sehingga wisatawan bisa bercermin dari permukaan telaga. 

Pengilon diambil dari bahasa Jawa, ngilo, yang bermakna berkaca.

Kedua telaga tersebut, hanya dipisahkan oleh daratan kecil yang hanya terlihat pada musim kemarau. Sementara saat musim penghujan, daratan kecil itu akan terendam air sehingga kedua telaga akan tampak menyatu.

Batu Pandang Ratapan Angin merupakan tempat yang pas untuk menikmati keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian. Sesuai namanya, terdapat batu besar yang dapat didaki pengunjung di lokasi ini.

Mengutip Kompas.com (28/08/2019), Batu Pandang Ratapan Angin berada di ketinggian sekitar 2.100 mdpl, atau lebih tinggi dari lokasi telaga.

Dari ketinggian, wisatawan bisa melihat penorama Telaga Warna dan Telaga Pengilon serta perbukitan di sekitarnya dengan sangat jelas. Keunikan panorama kedua telaga tersebut adalah warna airnya telaga yang kontras meski bersebelahan.

Air Telaga Warna cenderung berwarna lebih hijau, sedangkan air Telaga Pengilon terlihat lebih jernih. 

  • Rute ke Dusun Garung Wonosobo, Tempat Shalat Id dengan Pemandangan Gunung
  • Viral Foto Shalat Id Berlatar Pemandangan Gunung, Ini Lokasi Garung Wonosobo

4. Dieng Park 

Dieng Park merupakan salah satu obyek wisata baru di dataran tinggi Dieng . Lokasinya tepat di sebelah Telaga Warna, sehingga masuk dalam wilayah Kabupaten Wonosobo.

Obyek wisata ini menawarkan berbagai spot foto dengan latar belakang Telaga Warna dari ketinggian. Selain berfoto, wisatawan bisa camping di Dieng Park.

Wisata alam Wonosobo selanjutnya adalah Kebun Teh Tambi. Lokasinya berada di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. 

Kawasan Kebun Teh Tambi merupakan agrowisata yang menyajikan pemandangan instagramable bertema alam. Kebun teh ini berada di  ketinggian antara 800 hingga 2000 mdpl, dengan luas sekitar 830 hektare.

Berada di lereng Gunung Sindoro, membuat kawasan kebun teh ini sangat sejuk. Selain menikmati pemandangan, pengunjung bisa menyaksikan proses produksi teh, sejak dipetik hingga siap dikemas.

Waduk Wadaslintang berada di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Kebumen, tepatnya di Desa Sumberejo, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo. 

Waduk ini memiliki luas mencapai 2.626 hektar. Kawasan waduk dikelilingi dengan perbukitan hijau sehingga menambah daya tariknya.

Selain berfungsi sebagai irigasi, Waduk Wadaslintang merupakan obyek wisata alam di Wonosobo. Berbagai kegiatan wisata bisa dilakukan di waduk ini seperti memancing dan olah raga air.

7. Pemandian Air Panas Kalianget 

Kabupaten Wonosobo memiliki sejumlah wisata pemandian air panas. Salah satunya adalah Pemandian Air Panas Kalianget yang berlokasi di Jalan Dieng Nomor 114, Kalianget, Kabupaten Wonosobo. 

Melansir dari Tribun Jogja, obyek wisata ini diklaim sebagai kolam pemandian terbesar di Jawa Tengah. Menariknya, air kolam ini mengandung kadar belerang yang tinggi sehingga baik untuk penyakit kulit.

Selain kolam pemandian air panas, obyek wisata ini juga menyediakan kolam pemandian air dingin untuk anak-anak dan dewasa. Harga tiket masuk Pemandian Air Panas Kalianget sebesar Rp 3.000 sedangkan wahana kolam sebesar Rp 5.000 per orang.

  • Rute ke Embung Kledung dari Wonosobo, Cuma 30 Menitan dari Terminal Mendolo
  • Tarif Camping di Telaga Cebong Wonosobo dan Harga Sewa Tendanya

8. Curug Winong 

Curug Winong menyajikan suasana khas pedesaan sekaligus segarnya air terjun pegunungan. Lokasinya berada di Dusun Temanggung, Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo.

Mengutip Visit Jateng, selama perjalanan wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan rumah-rumah penduduk, persawahan, dan pepohonan rindang. Air terjun ini memiliki ketinggian 100 meter.

Di sekitar curug juga terdapat batu-batu besar yang menambah daya tarik Curug Winong.

Telaga Menjer merupakan telaga alami yang terluas di dataran tinggi Dieng. Lokasinya berada di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo.

Telaga Menjer berada 1300 mdpl dengan luas sekitar 70 hektar. Telaga ini  terbentuk dari letusan vulkanik di kaki Gunung Pakuwaja yang terjadi bertahun-tahun yang lalu.

Wisatawan bisa menikmati floating garden di Telaga Menjer sambil berfoto dengan latar belakang bentang Gunung Sindoro yang mempesona. Bagi yang senang memancing, Telaga Menjer memiliki banyak ikan.

Lubang Sewu merupakan wisata alam Wonosobo berupa bukit batu kapur dengan formasi unik. Menariknya, bebatuan kapur tersebut akan tampak saat air waduk surut.

Lokasinya berada tidak jauh dari Waduk Wadaslintang, tepatnya di Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo.

Keindahan bebatuan kapur di Lubang Sewu tampak menyerupai Keindahan batu Grand Canyon mini. Saat matahari terbenam, suasana di Lubang Sewu makin eksotis karena menampilkan cahaya temaram di antara bebatuan kapur.

Gardu Pandang Tieng (GPT) merupakan lokasi favorit untuk menyaksikan panorama sunrise maupun sunrise di Dieng.

Melansir dari laman Pemerintah Kabupaten Wonosobo, gardu pandang ini berada di ketinggian 1789 mdpl. Tepatnya di Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Gardu Pandang Tieng menjadi lokasi alternatif bagi wisatawa yang ingin melihat golden sunrise tapi tidak sempat naik ke Bukit Sikunir. Obyek wisata ini selalu ramai wisatawan setiap pagi setelah Subuh. 

Mengutip Kompas.com (06/09/2021), Gunung Prau mempunyai ketinggian sekitar 2.590 mdpl.  Estimasi waktu pendakian Gunung Prau adalah sekitar 3-4 jam, sehingga gunung ini cocok bagi pendaki pemula.

Ketika sampai di puncak, pendaki akan disuguhi pemandangan lima gunung sekaligus. 

Pada sisi timur Gunung Prau, pendaki bisa melihat gagahnya Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu.

  • 5 Potret Keindahan Gunung Pakuwaja Wonosobo
  • 6 Tips Mendaki Gunung Pakuwaja di Wonosobo

13. Bukit Seroja 

Lokasi Bukit Seroja tepat berada di sisi Telaga Menjer, sehingga dari puncak bukit wisatawan bisa menyaksikan panorama telaga.

Area Bukit Seroja dikelilingi perbukitan dan panorama Gunung Sindoro.

Sebelum masuk ke area Bukit Seroja, wisatawan akan melihat hamparan hijau perkebunan teh di sebelah kanan dan telaga di sebelah kiri.

Telaga Cebong merupakan telaga yang terbentuk dari bekas kawah purba, di dataran tinggi Dieng yang masuk kawasan Kabupaten Wonosobo. Dulunya, luas telaga ini mencapai 18 hektare, namun kemudian susut menjadi 12 hektare.

Lokasi Telaga Cebong berada di bawah sebelah barat Bukit Sikunir. Bentuk telaga menyerupai cebong atau berudu, sehingga diberi nama Telaga Cebong. 

Saat pagi hari, air telaga cebong dipagi hari sering tampak berkilau sehingga banyak pengunjung yang mengabadikan foto telaga. Selain untuk kepentingan pariwisata, Telaga Cebong juga menjadi sumber pengairan ladang petani di sekitarnya. 

Bukit Sikunir merupakan wisata ikonik di dataran tinggi Dieng yang masuk wilayah Kabupaten Wonosobo. 

Mengutip Kompas.com (17/07/2020), Bukit Sikunir terkenal dengan sebutan golden sunrise karena keindahan cahaya matahari terbit yang berwarna kuning keemasan. Untuk bisa melihat panorama golden sunrise itu, wisatawan harus mendaki bukit setinggi 2.300 mdpl. 

Tak hanya golden sunrise, pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan delapan gunung dari puncak Bukit Sikunir. Meliputi, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi. 

https://travel.kompas.com/read/2023/05/17/165000327/15-wisata-alam-wonosobo-ada-telaga-warna-dan-kebun-teh-tambi-

Terkini Lainnya

Itinerary 2 Hari 1 Malam di Badui Dalam, Bertemu Warga dan ke Mata Air

Itinerary 2 Hari 1 Malam di Badui Dalam, Bertemu Warga dan ke Mata Air

Itinerary
3 Aktivitas di Taman Sejarah Bandung, Nongkrong sambil Belajar Sejarah

3 Aktivitas di Taman Sejarah Bandung, Nongkrong sambil Belajar Sejarah

Jalan Jalan
Rute Naik Angkot ke Taman Sejarah Bandung dari Gedung Sate

Rute Naik Angkot ke Taman Sejarah Bandung dari Gedung Sate

Travel Tips
Hotel Accor Meriahkan Java Jazz 2024 dengan Kuliner dan Hiburan

Hotel Accor Meriahkan Java Jazz 2024 dengan Kuliner dan Hiburan

Travel Update
787.900 Turis China Kunjungi Indonesia pada 2023, Sebagian ke Labuan Bajo

787.900 Turis China Kunjungi Indonesia pada 2023, Sebagian ke Labuan Bajo

Travel Update
4 Aktivitas yang bisa Dilakukan di Hutan Kota Babakan Siliwangi

4 Aktivitas yang bisa Dilakukan di Hutan Kota Babakan Siliwangi

Jalan Jalan
Sempat Tutup karena Longsor, Kali Udal Gumuk di Magelang Buka Lagi

Sempat Tutup karena Longsor, Kali Udal Gumuk di Magelang Buka Lagi

Travel Update
Hutan Kota Babakan Siliwangi : Lokasi, Jam Buka, dan Tiket Masuk

Hutan Kota Babakan Siliwangi : Lokasi, Jam Buka, dan Tiket Masuk

Jalan Jalan
75.000 Orang Kunjungi Candi Borobudur Saat Peringatan Waisak 2024

75.000 Orang Kunjungi Candi Borobudur Saat Peringatan Waisak 2024

Travel Update
5 Kota Terbaik di Dunia Menurut Indeks Keberlanjutan Destinasi Global

5 Kota Terbaik di Dunia Menurut Indeks Keberlanjutan Destinasi Global

Travel Update
Pengembangan Kawasan Parapuar di Labuan Bajo Terus Diperkuat Penguatan Konten Budaya Manggarai

Pengembangan Kawasan Parapuar di Labuan Bajo Terus Diperkuat Penguatan Konten Budaya Manggarai

Travel Update
Ada Rencana Penerbangan Langsung Rusia-Bali pada Musim Libur 2024

Ada Rencana Penerbangan Langsung Rusia-Bali pada Musim Libur 2024

Travel Update
Indeks Kinerja Pariwisata Indonesia Peringkat Ke-22 di Dunia

Indeks Kinerja Pariwisata Indonesia Peringkat Ke-22 di Dunia

Travel Update
DIY Ketambahan 25 Warisan Budaya Tak Benda, Pokdarwis Digandeng Ikut Lestarikan

DIY Ketambahan 25 Warisan Budaya Tak Benda, Pokdarwis Digandeng Ikut Lestarikan

Travel Update
Long Weekend Waisak Jumlah Penumpang Kereta Api di Yogya Naik 41 Persen

Long Weekend Waisak Jumlah Penumpang Kereta Api di Yogya Naik 41 Persen

Travel Update
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke