Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tren Penginapan Pascapandemi, Banyak Liburan Keluarga

KOMPAS.com - Usai pandemi Covid-19 dan aturan pembatasan perjalanan dihapuskan, tidak sedikit pelaku usaha di bidang perhotelan mulai kembali tumbuh.

Dikutip dari laman Kompas.com (11/4/2023), data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan tingkat okupansi hotel pada tahun 2022 mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan tahun 2021.

Hal ini juga dialami oleh perusahaan hotel dan penginapan RedDoorz, khususnya saat momen libur Lebaran 2023.

"Pendapatan RedDoorz pada libur lebaran tahun ini naik hingga dua kali lipat dibandingkan dengan libur lebaran tahun lalu," papar Regional VP Marketing RedDoorz Henry Manampiring di Jakarta, Rabu (17/5/2023).

Berdasarkan data yang diperoleh oleh RedDoorz selama periode libur Lebaran 2023, okupansi hotel yang dipesan di RedDoorz meningkat dua kali lipat di daerah Bali.

"Bali semakin menjadi destinasi favorit wisatawan domestik pada libur lebaran. Kami optimis tren ini akan kita lihat pada tahun depan," papar VP Operations & Multi-Brand RedDoorz Indoesia Adil Mubarak di Jakarta, Rabu (17/5/2023).

  • Destinasi Wisata di Kendal Ini Pas untuk Liburan Keluarga
  • Simak Tips Liburan Keluarga Nan Edukatif ala “The Baldys”

Melihat hal ini, dalam kesempatan yang sama Head of Integrated Communication RedDoorz Indonesia Cut Nany menilai tren penginapan yang dipesan oleh wisatawan pascapandemi bisa dilihat dengan berkaca pada pemesanan di Bali.

Menurutnya, perjalanan liburan keluarga cenderung mendominasi. 

"Kalau dari tujuannya, kebanyakan trennya sekarang family vacation (liburan keluarga), ini berkaca dari okupansi di Bali yang meningkat dua kali lipat. Kebanyakan kalau di Bali mereka (wisatawan) long holiday," kata Nany, Rabu (17/5/2023).

Selain liburan keluarga, Nany mengatakan saat ini tidak sedikit pula wisatawan yang memesan penginapan untuk essential seeker.

"Ada juga yang essential seeker, biasanya untuk yang business trip," kata Nany.

  • 28 Tempat Wisata Tabanan, Banyak Destinasi Liburan Keluarga
  • 7 Hotel di Malang yang Pas untuk Liburan Keluarga

Wisatawan tipe essential seeker ini cenderung memilih penginapan untuk tempat istirahat semata.

Selain kepentingan perjalanan bisnis, tren essential seeker ini juga kerap digandrungi oleh kalangan yang datang ke suatu daerah untuk suatu acara.

"Ada juga yang cari penginapan karena menghadiri undangan di suatu daerah. Ini biasanya (menginap selama) satu malam dan lokasi penginapan yang dipilih dekat dengan lokasi acara," papar Nany.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/19/071200927/tren-penginapan-pascapandemi-banyak-liburan-keluarga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke