Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lebaran Betawi 2023 Jadi Momen Melepas Rindu Akan Kesenian Betawi

KOMPAS.com - Acara Lebaran Betawi kembali digelar mulai Sabtu (20/5/2023) hingga Minggu (21/5/2023) di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, usai vakum selama tiga tahun akibat pandemi Covid-19.

Mengusung tema "Betawi Kompak, Jakarta Sukses, Indonesia Maju", Lebaran Betawi kali ini menjadi momen bersilaturahmi sekaligus menikmati kesenian khas Betawi yang jarang ditemukan saat ini.

  • 3 Tahun Vakum, Lebaran Betawi 2023 Kembali Digelar
  • Hari Pertama Lebaran Betawi 2023, Monas Bertabur Kesenian Khas Betawi

Seperti yang dilakukan oleh Erna, salah satu pengunjung dari Bekasi, Jawa Barat. Ia rajin menikmati kesenian khas Betawi sejak kecil.

"Biasanya paling lihat (kesenian khas Betawi) di acara-acara Betawi. Sudah jarang (saat ini). Senang banget karena kita orang Betawi ya, ini ciri khas kita, tidak boleh dilupakan," ucap dia saat ditemui Kompas.com di lokasi, Sabtu.

Adapun sejumlah kesenian yang ditampilkan saat Lebaran Betawi 2023, antara lain penampilan tanjidor, penampilan gambang kromong, dan penampilan musik keroncong Betawi serta Kerontjong Toegoe.

Jika Erna datang untuk melihat pertunjukan budaya, maka lain halnya dengan Zaki yang datang bersama sang istri dan ketiga anaknya.

Sebagai orang Betawi asli, laki-laki yang berdomisili di Slipi ini ingin keluarganya melihat langsung pertunjukan kesenian asli daerahnya.

"Istri kan (orang) sunda. Biar dia tahu kesenian Betawi juga, anak-anak juga bisa tahu kebudayaan Betawi gimana," kata Zaki.

Hal senada juga diungkapkan Ayu, yang datang dari Jakarta Timur ke Monas bersama dua orang anaknya, untuk melihat pertunjukan budaya khas Betawi di acara tersebut.

"Kita tahu ada acara ini karena banyak yang share. Seru sih, penting juga, jadi di luar suku Betawi bisa kenal kebudayaan Betawi," kata Ayu.

  • Tempat Staycation di Jakarta Ini Punya Ornamen Betawi yang Instagramable
  • Tokoh Betawi Jadi Nama Jalan di Jakarta Timur, Ada Mpok Nori dan Haji Bokir

Adapun selama dua hari Lebaran Betawi 2023, sejumlah acara menarik telah dipersiapkan untuk menghibur pengunjung, mulai dari parade bedug hingga samrah.

Usai penampilan Band Betawi, hari pertama gelaran pun ditutup dengan pemutaran film Sipitung melalui layar tancap yang dinikmati bersama-sama di penghujung hari.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/21/112633727/lebaran-betawi-2023-jadi-momen-melepas-rindu-akan-kesenian-betawi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke