Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jadwal Kereta Bandara YIA dan Bandara Kualanamu mulai 1 Juni 2023

KOMPAS.com - Jadwal Kereta Api (KA) Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan KA Bandara Kualanamu Medan di Deli Serdang, Sumatera Utara, akan mengalami perubahan mulai Kamis (1/6/2023) mendatang.

Perubahan jadwal KA Bandara dapat dilihat di Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2023.

  • KA Bandara Yogyakarta Tambah Kapasitas Penumpang hingga 120 Persen
  • Gerbong KA Bandara Yogyakarta YIA Dihiasi Motif Batik

"Selain mempertimbangkan perjalanan KA lainnya, perubahan jadwal KA Bandara yang dipandu GAPEKA 2023 tetap didasari atas kesesuaian dengan jadwal kedatangan dan keberangkatan pesawat di bandara," tutur Direktur Utama PT Railink (KA Bandara) Purwanto Hendry, dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Senin (22/5/2023).

Jadwal keberangkatan KA Bandara paling awal dari Stasiun Bandara Kualanamu berubah dari yang sebelumnya pukul 07.20 WIB menjadi pukul 06.50 WIB.

Sementara itu, jadwal keberangkatan KA Bandara paling akhir dari Stasiun Bandara Kualanamu berubah dari yang sebelumnya pukul 20.30 WIB menjadi pukul 21.10 WIB.

Sebaliknya, jadwal keberangkatan KA Bandara paling awal dari Stasiun Medan tidak mengalami perubahan yakni tetap pukul 05.00 WIB.

Jadwal keberangkatan KA Bandara paling akhir dari Stasiun Medan berubah dari pukul 19.20 WIB menjadi pukul 19.05 WIB.

Untuk saat ini, tidak ada perubahan jumlah perjalanan KA dari dan menuju Stasiun Bandara Kualanamu dalam sehari yakni tetap 24 perjalanan.

Jadwal keberangkatan KA Bandara paling awal dari Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta Internasional Airport (YIA) berubah dari pukul 05.20 WIB menjadi pukul 05.08 WIB.

Sementara itu, jadwal keberangkatan KA Bandara paling akhir dari Stasiun YIA berubah dari pukul 21.45 WIB menjadi 21.25 WIB.

Di sisi lain, jadwal KA Bandara paling awal dari Stasiun Yogyakarta berubah dari pukul 04.30 WIB menjadi pukul 04.20 WIB.

Jadwal KA Bandara paling akhir dari Stasiun Yogyakarta berubah dari pukul 20.40 WIB menjadi pukul 20.35 WIB.

Perjalanan KA Bandara dari dan menuju Stasiun YIA tidak mengalami perubahan, yakni masih berjumlah 42 perjalanan dalam sehari. Jumlah ini sudah termasuk 12 perjalanan KA Bandara YIA Xpress yang tidak berhenti di Stasiun Wates.

  • Naik Kereta Bandara Soekarno-Hatta, dari Stasiun Mana?
  • 4 Cara Beli Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta, di Mana Saja?

Untuk diketahui, Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang akan mengubah pola operasi berbagai perjalanan KA.

Informasi yang disampaikan dari Gapeka yakni berupa garis-garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, dan posisi perjalanan KA mulai dari keberangkatan, berhenti, kedatangan, bersilang, dan penyusulan yang ditampikan melalui grafik.

Adapun Gapeka 2023 nantinya akan menggantikan Gapeka 2021 dan membawa sejumlah perubahan jadwal perjalanan kereta api.

Mendekati berlakunya perubahan jadwal KA Bandara dan Gapeka 2023 mulai awal Juni 2023 , Purwanto mengimbau calon penumpang KA Bandara untuk memperhatikan kembali jadwal KA terbaru dan menyesuaikan dengan rencana perjalanan.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/22/150500627/jadwal-kereta-bandara-yia-dan-bandara-kualanamu-mulai-1-juni-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke