Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Statue 4 Heroes, Surga Pencinta Patung Superhero dan Anime di Jakarta

KOMPAS.com - Penggemar atau kolektor patung superhero (pahlawan super) kini bisa menyalurkan hobinya. Sebab, telah dibuka toko berkonsep galeri yaitu Statue 4 Heroes Gallery di Jakarta. 

"Kami bergerak di bidang jual-beli collectible items, bukan sekadar action figure tapi statue (patung)," kata Marketing Statue 4 Heroes Gallery, Davius David kepada Kompas.com, Selasa (23/5/2023). 

  • Takjub Lihat Aneka Figur Superhero, dari Iron Man sampai Deadpool
  • Antusiasme Pengunjung Galeri Superhero di Jakarta, Datang dari Luar Kota

Lebih lanjut, ia mengklaim bahwa koleksi di galeri ini merupakan salah satu yang terbesar dan terlengkap.

Selain itu, fokusnya pun kepada patung yang tidak digabungkan dengan merchandise, seperti toko pada umumnya. 

"Kami boleh dibilang untuk ukuran size galeri yang terbesar di Asia Tenggara, untuk toko konsep galeri," ujar David.

"Kami menyediakan sangat banyak patung karakter dari superhero, anime, movie (film), karakter Disney, jadi lengkap lah. Pria, wanita bisa menikmati," imbuhnya. 

Ratusan koleksi patung superhero

Di area seluas hampir 1.000 meter persegi, berbagai koleksi patung berbahan polyresin bisa ditemukan di Statue 4 Heroes Gallery. 

Polyresin, atau lebih dikenal dengan polystone, merupakan kombinasi resin dan bubuk batu. Bahan ini memiliki keunggulan dari segi kekukuhannya, namun dapat dicetak dengan rumit sehingga memungkinkan tingkat detail yang bagus dengan tekstur konsisten.

Tidak hanya mirip dengan aslinya, patung-patung yang ada di Statue 4 Heroes Gallery juga dipajang tanpa kaca pelindung sebagai penyekat. Pengunjung pun bisa menikmati ratusan koleksi yang dibagi menjadi lima bagian.

"Ada (bagian) khusus anime, games (permainan), superhero, movie, dan horor. Paling banyak koleksi kami DC Comics. Kalau ditotal semua ada sekitar 500 (koleksi)," kata David. 

Sebagai informasi, Statue 4 Heroes Gallery di Lotte Mall Jakarta telah buka sejak awal Mei 2023. Dulunya, kata David, mereka juga sempat buka di Lotte, Kelapa Gading, dan Gandaria. 

"Tapi sejak pandemi tutup, di cabang lain juga. Sekarang kami buka lagi di Lotte, ini sudah minggu ketiga (bulan Mei)," tutur dia. 

Dengan hadirnya Statue 4 Heroes Gallery, kata David, para kolektor atau penggemar tidak perlu lagi repot-repot mencari partner kolektor untuk bertukar atau mengumpulkan koleksi yang diinginkan. Tak perlu juga jauh-jauh ke luar negeri. 

Mereka bisa membeli koleksi yang sudah terpajang di galeri, bisa juga melakukan sistem pre-order untuk koleksi yang diinginkan.

"Bisa pre-order, beli langsung on the spot, bisa lewat e-commerce (niaga-el) kami juga, Tokopedia, Blibli ada," kata David. 

Ia menjelaskan, semua koleksi yang tersedia sudah dipajang di galeri. Akan tetapi, sistem pembelian dibuat beragam agar memudahkan para calon pembeli, terutama yang datang dari luar kota Jakarta. 

Adapun harga item patung di Statue 4 Heroes Gallery dibanderol mulai Rp 1 juta hingga puluhan juta.

Dengan harga tersebut, David menjelaskan, umumnya pembeli berasal dari kelompok usia 30 tahun ke atas, yang hobi mengumpulkan koleksi karakter favorit mereka. Koleksi yang dipamerkan juga adalah koleksi terpilih, bahkan ada yang edisi terbatas.

"Harganya Rp 1 jutaan sampai puluhan juta. Kebanyakan yang beli usianya di atas 35 tahun, banyak yang asalnya dari luar Jakarta juga," ucap dia.

Meski menyediakan patung untuk dijual, tempat ini juga terbuka bagi pengunjung yang hanya ingin melihat-lihat dan berfoto di area galeri. Mereka tidak akan dikenakan biaya apa pun alias gratis. 

"(Harga tiket masuk atau HTM) akan free (gratis) terus karena memang toko yang berkonsep galeri," pungkas David. 

Sebagai informasi, Statue 4 Heroes Gallery merupakan official distributor atau dealer di Indonesia untuk merek internasional ternama, antara lain Prime 1 Studio, Infinity Studios, Tsume Art, Oniri Creations, Queen Studios, XM Studios, Creation at Works, Figurama Collector, ECC, Sideshow, JND Studios, X-Plus, PCS, dan HEX Collectibles.

  • 13 Tempat Ngaburit Murah Meriah Jakarta Selatan, Bisa Piknik di Taman
  • 6 Tempat Healing di Jakarta Selatan, Ada Sudut Tenang di Tengah Kota

https://travel.kompas.com/read/2023/05/24/190000627/statue-4-heroes-surga-pencinta-patung-superhero-dan-anime-di-jakarta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke