Nasi Kuning Salma Simen

Kompas.com - 02/04/2008, 15:56 WIB
Editor

Nasi kuning adalah salah satu makanan khas Indonesia yang bisa ditemukan di beberapa daerah seperti Jawa, Bali dan Sulawesi.

Berbeda dengan nasi putih biasa, nasi berwarna kuning ini dimasak dari beras yang dicampur dengan kunyit, santan dan rempah-rempah lainnya, sehingga terasa lebih gurih dari nasi biasa.

Ketika liburan ke Manado, Sulawesi Utara, beberapa pekan lalu, saya mencicipi berbagai makanan khas di kota yang juga menjadi salah satu tujuan wisata itu. Salah satunya adalah nasi kuning.

Pagi itu, saya sarapan di rumah makan Saroja yang memang ngetop dengan kelezatan nasi kuningnya. Kepopuleran tempat makan bercat kuning ini tidak hanya sebatas pada penduduk lokal, tetapi juga wisatawan dari luar kota.

Di lidah saya, bumbu nasi kuning Manado hampir sama dengan nasi kuning yang saya makan di Jakarta.Dan, memang tidak salah jika rumah makan milik Hj. Salma Simen ini menjadi pilihan favorit penggemar nasi bercampur santan dan kunyit ini. Rasanya gurih dan tidak meninggalkan aroma kunyit sama sekali. Selain enak, harganya juga terjangkau, sekitar Rp.8000 saja.

Nasi disajikan dengan ayam suwir, potongan-potongan kecil daging sapi, sambal goreng kentang dan telur rebus utuh. Ditambah dengan sambal dan disantap selagi panas, menjadikan sarapan saya istimewa.

Satu porsi ternyata belum cukup. Saya lalu memesan satu porsi lagi untuk dibawa pulang. Cara membungkusnya juga beda. Nasi dibungkus dalam daun berwarna hijau muda yang diikat pada salah satu ujungnya, seperti permen. Benar-benar unik...

 

 

Nasi Kuning Saroja (Kampung Kodo)

Jl. Diponegoro No.9

Manado 0431-851597

 

Rosliana Valentina

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.