KM Deklarasi Djuanda, Lahir untuk Berpetualang

Kompas.com - 11/05/2008, 21:12 WIB
Editor

JAKARTA, MINGGU - Kapal Motor Deklarasi Djuanda akhirnya berangkat dari Bojonegara, Minggu (11/5) siang untuk mengantarkan tim Ekspedisi Garis Depan Nusantara. Dengan kapal inilah para relawan Wanadri akan menjelajahi pulau-pulau terluar di Indonesia dan melakukan pendataan terhadap 92 pulau yang berada di garis depan tersebut.

Kapal berwarna putih buatan PT Carita Boat Indonesia pada tahun 2007 ini mempunyai panjang 19 meter, lebar 4,5 meter, dan tinggi 1,8 meter. Bahan utama kapal ini adalah Fiber glass dengan daya apung 28 ton. Kapal berjenis purseine dengan tonase kotor 28 GT ini berbahan bakar solar, bermesin mitsubishi 1 x 320 PK, dan menggunakan sistem baling-baling propeler.

"Kalau nelayan pakai kapal ini, pasti cuman tidur," ujar Nahkoda kapal Tohari. Betapa tidak, kapal ini dilengkapi dapur, kamar mandi, dan pendingin ruangan.

Kapal tersebut juga dilengkapi fasilitas yang lengkap sesuai kebutuhan penjelajahan samudera. Di antaranya jangkar beserta talinya, beberapa lampu penerangan meliputi lampu sorot, cabin, jangkar, serta engine light, wiper, bilge pump 1500 GPH yang otomatis dan manual. Peralatan pengamanan lengkap dari horn, life jacket, ring buoy, hingga alat pemadam kebakaran. Untuk kebutuhan navigasi dan komunikasi terdapat kompas, VHF radio marine dan antena, GPS WAAS GP-32, SSB (radio komunikasi), radar, dan satelit.

Untuk ekspedisi yang berlangsung hingga beberapa bulan, pilihan terhadap KM Deklarasi Djuanda tentu tepat. Ibarat manusia, KM Deklarasi Djuanda mungkin memang dilahirkan untuk ekspedisi. "Kapal ini lengkap dan baru, ini pemakaian perdana," tandas Tohari.(C5-08)



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X