Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KM Deklarasi Djuanda, Lahir untuk Berpetualang

Kompas.com - 11/05/2008, 21:12 WIB

JAKARTA, MINGGU - Kapal Motor Deklarasi Djuanda akhirnya berangkat dari Bojonegara, Minggu (11/5) siang untuk mengantarkan tim Ekspedisi Garis Depan Nusantara. Dengan kapal inilah para relawan Wanadri akan menjelajahi pulau-pulau terluar di Indonesia dan melakukan pendataan terhadap 92 pulau yang berada di garis depan tersebut.

Kapal berwarna putih buatan PT Carita Boat Indonesia pada tahun 2007 ini mempunyai panjang 19 meter, lebar 4,5 meter, dan tinggi 1,8 meter. Bahan utama kapal ini adalah Fiber glass dengan daya apung 28 ton. Kapal berjenis purseine dengan tonase kotor 28 GT ini berbahan bakar solar, bermesin mitsubishi 1 x 320 PK, dan menggunakan sistem baling-baling propeler.

"Kalau nelayan pakai kapal ini, pasti cuman tidur," ujar Nahkoda kapal Tohari. Betapa tidak, kapal ini dilengkapi dapur, kamar mandi, dan pendingin ruangan.

Kapal tersebut juga dilengkapi fasilitas yang lengkap sesuai kebutuhan penjelajahan samudera. Di antaranya jangkar beserta talinya, beberapa lampu penerangan meliputi lampu sorot, cabin, jangkar, serta engine light, wiper, bilge pump 1500 GPH yang otomatis dan manual. Peralatan pengamanan lengkap dari horn, life jacket, ring buoy, hingga alat pemadam kebakaran. Untuk kebutuhan navigasi dan komunikasi terdapat kompas, VHF radio marine dan antena, GPS WAAS GP-32, SSB (radio komunikasi), radar, dan satelit.

Untuk ekspedisi yang berlangsung hingga beberapa bulan, pilihan terhadap KM Deklarasi Djuanda tentu tepat. Ibarat manusia, KM Deklarasi Djuanda mungkin memang dilahirkan untuk ekspedisi. "Kapal ini lengkap dan baru, ini pemakaian perdana," tandas Tohari.(C5-08)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com