Ombak Tinggi Hadang Perjalanan KM Deklarasi Djuanda

Kompas.com - 11/05/2008, 22:14 WIB
Editor

JAKARTA, MINGGU– Ombak dengan tinggi dua hingga tiga  meter menghadang perjalanan Kapal Motor Deklarasi Djuanda dari Pelabuhan Bojonegara (Cilegon, Banten) menuju Pulau Enggano (Bengkulu). KM Deklarasi Juanda meninggalkan Pelabuhan Bojonegara Minggu (11/5) pukul 12.00 siang.

”Kami baru saja melintasi Pulau Sebesi di sekitar Selatan Sunda,” ujar Didi Subandi, anggota tim ekspedisi kepada Kompas Minggu (11/5) pukul 18.30. Didi mengambarkan karena ombak tinggi yang menghadang perjalanan KM Deklarasi Juanda, tiga anggota tim ekspedisi mabuk laut.

”Kami akan mencoba merapat di Teluk Semangka, dan akan melanjutkan perjalanan ke Pulau Enggano, Senin pagi. Mudah-mudahan cuaca baik,” ucapnya. 

Didi mengakui kesulitan untuk menjelaskan posisi tepatnya KM Deklarasi Djuanda karena peta yang dipegangnya selalu bergerak-gerak karena ombak yang demikian besar. ”Saya susah melihat peta karena terus bergerak-gerak,” ucapnya melalui telepon satelit. 

KM Deklarasi Djuanda yang akan menyinggahi 34 pulau terdepan di wilayah Sumatera  merupakan bagian dari ekspedisi 92 pulau terdepan yang digagas Wanadri. Ekspedisi yang digagas dalam rangka 100 Tahun Kebangkitan Nasional itu didukung Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Perhubungan, TNI Angkatan Laut, Bakosurtanal, Medco Energi, harian Kompas, Trans 7, Trans TV, Telkomsel, dan Pasifik Satelit Nusantara.

Sementara Tim Darat Wanadri yang sejak hari Jumat  sudah berada di Bengkulu, belum bisa menyeberang ke Pulau Enggano. Pada awalnya, Minggu (11/5) pukul 16.00, dua anggota Wanadri bersama dua wartawan Kompas akan menyeberang ke Pulau Enggano. Namun, BMG melarang KMP Raja Enggano berlayar karena gelombang yang tinggi. 

”BMG melarang kapal berlayar karena ombak mencapai 3-4 meter,” ujar wartawan Kompas Iwan Santosa di Bengkulu, Minggu pukul 20.00.  Belum ada kepastian,  kapan KMP Raja Enggano berangkat. ”Ya nunggu cuaca,” kata Iwan.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X