Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Ekspedisi Berhenti di Antara Pulau Sebesi dan Sebuku

Kompas.com - 11/05/2008, 23:58 WIB

JAKARTA, MINGGU - Kapal motor Deklarasi Djuanda yang ditumpangi tim ekspedisi garis Depan Nusantara terpaksa berhenti di antara Pulau Sebesi dan Sebuku yang berada di utara Gunung Krakatau malam ini. Mereka tidak berani melawan ombak yang sangat tinggi.

"Ombak lebih dari tiga meter," kata Haris Mulyadi, Komandan Operasi tim kapal saat dihubungi Minggu (11/5) malam. ia mengatakan kapal terpaksa berhenti sambil menunggu gelombang laut mereda.

Hal tersebut menyebabkan prediksi tim untuk merapat ke Teluk Semangka pada Senin (12/5) dinihari sepertinya meleset. Teluk Semangka merupakan titik awal perjalanan menuju Pulau Batu Kecil, yang merupakan pulau terluar pertama target ekspedisi kali ini.  

"Sampai pagi hari kita hanya berharap dapat mencapai Teluk Semangka," lanjut Haris. Padahal, sebelumnya mereka berharap Senin (12/5) pagi sudah sampai ke Pulau Batu Kecil.

KM Deklarasi Djuanda berangkat dari Pelabuhan Bojonegara, Minggu (11/5) siang sekitar pukul 12.00 WIB. Di atas kapal terdapat 11 awak, masing-masing enam anggota ekpedisi, dua wartawan televisi, satu nahkoda dan dua ABK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com