Sukses Memasak Rendang

Kompas.com - 07/07/2008, 14:28 WIB
Editor

Selain komposisi bumbu yang tepat jenis dan jumlahnya, rendang yang lezat juga ditentukan oleh pemilihan kelapa. Untuk membuat santan, harus dipilih kelapa yang tua. Setelah diparut, seduh kelapa dengan air panas, biarkan sebentar supaya bisa kita remaas-remas. Pemerasan kelapa dengan air panas bukan cuma menghasilkan santan yang lebih pekat konsentrasinya, tapi juga lebih gurih rasanya. Pemerasan ini juga bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Membuat rendang boleh dibilang boros kelapa. Jadi, jangan ragu menggunakan banyak kelapa, misalnya untuk 500 gr daging bisa digunakan dua butir kelapa atau untuk 1 kg daging digunakan 3 butir kelapa.

Rendang yang enak dimasak sangat lama hingga kering dan mengeluarkan minyak. Kadang bumbu sudah sangat meresap di daging atau ayam, tapi kuah belum juga kering. Kalau Anda teruskan memasak, daging atau ayam akan jadi hancur dan bentuknya tak cantik lagi. Jalan keluarnya, keluarkan daging atau ayam dan masaklah kuahnya hingga mengering tanpa ayam atau daging. Setelah kering betul, Anda dapat memasukkan daging atau ayam kembali dan mengaduknya hingga berbalut bumbu.

Jangan menggunakan api yang terlalu besar agar rendang tidak hangus. Saat kuah hampir mengering, api harus lebih kecil lagi. Aduk terus rendang sampai kering hingga dasar wajan tidak hangus dan menimbulkan bau yang kurang enak pada rendang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X