Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titik Nol (66): Lumbini

Kompas.com - 03/11/2008, 07:55 WIB
[Tayang:  Senin - Jumat]

Setelah mendapatkan visa India, saya langsung menggeret Nefransjah – seorang kawan backpacker Indonesia, untuk bersama-sama berangkat menuju negeri Hindustan.

Perbatasan India dan Nepal yang paling sering dilintasi adalah Sunauli, terletak tiga kilometer di selatan kota Bhairawa yang panas dan kering. Debu langsung memenuhi kerongkongan, begitu kami meloncat dari bus.

Lurus ke selatan adalah India. Belok ke kanan adalah Lumbini – tempat kelahiran Budha. Saya menganjurkan untuk singgah dulu ke Lumbini, bermalam di kota suci itu, dan melanjutkan ke India esok hari. Langit sudah mulai gelap, kendaraan pun tak banyak. Masuk ke negeri yang sama sekali asing di tengah kegelapan malam tentunya bukan hal yang menyenangkan.

Jalan berdebu ke arah Lumbini sunyi senyap, tak ada kendaraan ke arah desa kecil itu. Hanya turis dan peziarah Budha yang ke sana. Sebagian besar kendaraan umum dan truk barang hanya menuju ke India, negara tetangga raksasa yang menawarkan gelimang kemakmuran.

Bulan purnama bersinar, menerangi malam yang berdebu. Saya, Nef, dan seorang backpacker Israel terguncang-guncang di bak truk melintasi jalan batu menuju Lumbini.

Lumbini sungguh berbeda dengan kota Nepal kebanyakan. Biksu Budha dari berbagai negara ada di sini.

          “Biksu, apakah Anda tahu tempat di mana besok pagi hari kami bisa memotret sunrise yang paling bagus?” Nef bertanya kepada seorang pria botak berjubah kuning. Sang biksu, seperti sudah diduga, tidak tahu.

Tak ada yang benar-benar kuno di bangunan yang nampak di Lumbini hari ini. Tempat kelahiran Budha Gautama ini baru ditemukan di akhir abad ke-19 oleh arkeologis Nepal. Petunjuknya berasal dari tiang pilar Asoka, bertulis huruf Pali yang isinya bahwa di sinilah tempat lahir Sang Budha. Di sekitar tempat itu kemudian ditemukan pohon Bodhi suci, bekas kolam dan kuil Mayadewi. Yang disebut terakhir kemungkinan adalah tempat Sang Budha terlahir.

Mengenai tempat kelahiran Budha, ada beberapa tempat di India yang punya klaim serupa. Tetapi pilar Ashoka di Lumbini menjadikan kota ini sebagai kandidat terkuat. Pilar, kuil, dan kolam dibangun kembali di tempat ini. Lumbini menjadi tempat ziarah penting umat Budha dari seluruh dunia, bersama dengan Kapilawastu, Bodh Gaya, dan Sarnath di wilayah India.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com