Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerakan Aktivis Memecah Hubungan 2 Korea

Kompas.com - 20/11/2008, 17:00 WIB

SEOUL, KAMIS - Para aktivis Korea Selatan kembali melanjutkan propaganda lewat pembagian selebaran di perbatasan dengan Korea Utara Kamis (20/11). Aksi ini berlangsung tanpa mengabaikan himbauan pemerintah Seoul yang sebelumnya telah memohon agar aksi yang dapat merusak hubungan kedua Korea tersebut dihentikan.

Korea Utara mengumumkan pekan lalu akan memberlakukan larangan lintas perbatasan mulai 1 Desember mendatang. Pengumuman itu disampaikan dengan menekankan penolakan pemerintah Korea Selatan untuk menindak tegas aktivitas "konfrontasi" termasuk pembagian selebaran.

Pejabat pemerintah Korea Selatan telah memohon para aktivis Rabu (19/11) agar menghentikan selebaran berisi kritik terhadap pemimpin Korea Utara Kim Jong Il dan rezim otoriternya. Pemerintah Seoul khawatir kampanye tersebut memperburuk ketegangan hubungan Korea Selatan dan Utara.

Namun, para aktivis tak mengindahkan permohonan tersebut dengan menerbangkan 10 balon helium yang masing-masing diisi dengan 10.000 selebaran. Balon-balon tersebut terbang menyeberangi perbatasan Korea Selatan dan Utara yang dikawal ketat.

"Kami akan terus mengirimkan selebaran. Permohonan pemerintah itu tak tulus," kata salah seorang aktivis Choi Sung-yong seusai meluncurkan sebuah balon dari suatu tempat dekat perbatasan kedua Korea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com