Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ritual Tradisi Minum Teh Korea, Hhhhmm Luar Biasa

Kompas.com - 21/11/2008, 05:11 WIB

GWANJU, JUMAT - Pemerintah Kota Gwangju, Korea terus berupaya melestarikan tradisi minum teh di tengah masyarakat. Salah satu cara dengan mengajak masyarakat dan juga turis asing bertemu dan belajar minum teh bersama guru minum teh.

Menurut Cho Sun Me, dari Pemerintah Kota Gwangju, Jumat (21/11), tradisi minum teh yang sesuai dengan tata cara Korea, mulai luntur. Masyarakat kurang mengerti tradisi minum teh yang sebenarnya, sehingga Pemkot merasa perlu melestarikan budaya yang sangat melekat pada masyarakat Korea, katanya.

Salah satu cara agar tradisi minum teh tidak terguras modernisasi, kini banyak guru minum teh di Korea, terutama di Gwangju diberi kesempatan mempertontonkan cara minum teh. Kim Jong Ja (66), salah satu guru minum teh di Gwangju, yang tinggal di Myung Ga Eun, di kawasan Gunung Mudeng.

Perempuan dari dua putri ini tinggal di daerah pertanian, dan hampir setiap hari menerima kunjungan turis lokal maupun asing, untuk belajar minum teh ala Korea. Di Korea menurut Kim Jong Ja, setiap hari masyarakat Korea wajib minum teh dua kali.

Ada beberapa aturan ketika minum teh, yakni duduk kedua kaki di lipat ke belakang, tuan rumah mempersiapkan teh, lalu membagikan kepada tamu. Tamu dipersilahkan terus menambah teh, jika cangkir kecil kosong.

Ketika hendak minum, semua yang hadir harus mengangkat cangkir kecil dengan posisi kedua tangan memegang cangkir. Saat meletakkan cangkir di meja, secara perlahan tangan tangan kiri diletakkan di paha, dan tangan kanan meletakkan cangkir.

Daun teh yang digunakan masyarakat Korea untuk kalangan tertentu berupa daun teh pertama muncul dan paling muda paling mahal. Sedangkan yang kini banyak digunakan adalah daun teh hijau dan kuning yang mudah didapat di pasaran termasuk teh ginseng.

Dauh teh tersebut diiris lalu langsung diseduh beberapa kali sesuai keinginan. Manfaatnya bagi kesehatan sangat luar biasa, kata Kim Jong Ja, sambil menujukkan kulit tangannya yang halus. Perempuan ini rutin minum teh setiap hari, dan di rumahnya yang berada di tengah kawasan pertanian, terdapat beberapa meja kecil serta peralatan minum teh tradisional ala Korea.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com