Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Touche Ari Seputra untuk Masa Sulit

Kompas.com - 30/11/2008, 03:00 WIB

Dalam masa krisis keuangan seperti saat ini, perancang dituntut berpikir dan bekerja cermat realistis. Ari Seputra amat menyadari itu dalam merancang 80 karya terbaru untuk 2009 yang dia beri tema ”Touché”. Rancangan itu digelar di dalam tenda di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta, Kamis (27/11) malam.

Bukan berarti lalu mengorbankan materi, karena untuk pergelaran tunggal ketiganya ini Ari menggunakan bahan mewah, seperti sutra satin, jacquard, organdi, dan sifon, bebatuan, kuncir (tassel), serta sulaman dan bordir. Rancangan ini dia maksudkan dapat dipakai tanpa menjadi usang dalam waktu singkat.

Tak heran bila koleksi utama siap pakai ”Ari Seputra” ini bermain dalam zona aman dengan detail yang telah dikenal. Mengambil tema Spanyol, Ari meminjam siluet seragam matador dan gaun penari flamenco. Celana berpipa sempit atau jaket pendek yang maskulin diperlembut dengan pemakaian warna keemasan atau sulaman bermotif bunga.

Gelepai digunakan pada blus atau gaun, disusun seperti kelopak bunga atau bunga. Teknik lilit dan lipit yang sudah umum juga digunakan. Yang menarik, kuncir digunakan selain sebagai ikat pinggang juga dipakai dalam jalinan penghias pinggang atau pundak.

Warna hitam dan putih, pastel dalam nuansa merah jambu, krem, abu-abu, dan hijau memberi kesan segar, sementara warna keemasan, fuchsia, dan ungu memberi kesan mewah. Bila ada yang membutuhkan gaun akhir tahun yang aman dan bisa langsung dipakai, setidaknya sudah tahu ke mana alternatif bisa dicari. (ninuk mp)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com