Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyantap Risoles Kreasi Derisol

Kompas.com - 12/12/2008, 08:21 WIB

BANDUNG sudah banyak diketahui sebagai kota yang menawarkan ragam kuliner bervariasi. Para pelaku usaha kuliner berupaya menjajakan makanan yang khas dibandingkan produk lainnya. Bila tak berbeda, jangan harap konsumen akan tertarik.

Pembeli sudah bosan dengan makanan yang sama seperti pada umumnya. Perilaku konsumen itu pula yang diamati para penjual risoles. Makanan itu umumnya disajikan di toko-toko kue atau roti. Namun kini, tempat kh usus berjualan risoles menjamur dan bertebaran di berbagai sudut Bandung.

Bentuknya, jangan harap seperti risoles biasa yang hanya berisi irisan sayur, potongan daging cincang, dan ragout atau adonan putih. Risoles kini kaya akan kreasi dan rasa dengan isi antara lain daging asap, sosis, hingga keju.

Risoles semacam itu misalnya dihidangkan di derisol, Jalan Citarum nomor 24, Bandung. Di sana, tak hanya dijual risoles yang biasa dinikmati masyarakat atau disebut original dalam menu derisol. Ragam risoles lain dengan berbagai isi pun tercantum, yaitu meat & great, veggie fun, cheesy cheese, mix & delight, curry crazie, dan hot n spicy yang dijual Rp 4.500 per potong.

Derisol juga menyediakan dua menu spesial yaitu smokey cheese dan smokey sausage seharga Rp 6.500 per potong. Menurut pemilik derisol Dewi Soemarmo, usahanya itu dibuka pertama pada Juli 2006 di Jalan Martadinata 18, Kota Bandung yang buka pukul 08.00-21.00.

Selanjutnya, masih di Kota Bandung, dua tempat dibuka di Jalan Citarum pada September 2007 dan Cihampelas Walk pada Mei 2008 yang masing-masing buka pukul 07.00-21.00 dan 10.00-22.00. Keistimewaan risoles derisol, menurut Dewi, yaitu kulitnya yang lebih empuk dan isinya lembut.

Selain itu, risoles selalu disajikan dalam keadaan panas. Seperti terlihat pada sore itu di derisol, sejumlah pengunjung terlihat menyantap risoles sambil menghirup teh, kopi, atau coklat hangat. Hujan deras dan hawa sejuk menjelang petang, menambah lezatnya risoles.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com