Suasana Rumahan Radja Ketjil

Kompas.com - 21/12/2008, 07:26 WIB
EditorHeru Margianto

Ada banyak hal yang membuat orang datang ke sebuah tempat makan. Pertama-tama tentu saja makanan, lalu suasana tempat makan, dan yang tidak kalah penting pelayanan.

Untuk rumah makan Radja Ketjil di Terogong, Cipete, Jakarta Selatan, dua yang pertama adalah daya tarik utama. Berada di sebuah rumah dengan halaman samping yang disulap menjadi tempat makan, Radja Ketjil menyajikan suasana rumahan, mulai dari penataan ruangan hingga penyajian menu makanan.

Rumah makan ini sebetulnya menyajikan menu masakan china, tetapi beberapa di antaranya ada juga menu peranakan, antara lain buncis yang ditumis dengan daging sapi cincang dalam bumbu yang rasanya manis-pedas, lumpia, dan gurami goreng dengan saus asam manis.

Menu tersebut disajikan dengan nama-nama unik. Menu Tauge Ikan Pingin Kawin, misalnya, adalah menu tumis taoge ikan asin; Nasi Goreng Bangun Pagi adalah nasi goreng ayam; sementara Kakap Pangeran Muda adalah kakap goreng lada garam dengan saus asam manis.

Yang istimewa di Radja Ketjil adalah menu ”Tahu Hujin Tje Lie Rina”, yaitu angsio tahu yang disajikan dengan ayam cincang dan sayuran pocai. Dalam satu porsi terdapat empat potong tahu yang terasa lembut di lidah. Saus cokelat dan ayam cincang melengkapi rasa gurih lembut tahu.

”Tahunya kami buat sendiri,” kata Tika Panggabean, artis dan penyanyi yang memiliki Radja Ketjil bersama beberapa saudaranya. ”Menu tahu merupakan favorit tamu Radja Ketjil.”

Menu favorit Tika sendiri adalah ayam hongkong, bihun goreng, ayam goreng mentega (disebut dalam menu sebagai Ayam Siocia-siocia) dan Nasi Goreng Tujuh Samudra alias nasi goreng makanan laut.

Yang disebut terakhir sebetulnya nasi goreng yang sudah kita kenal, yaitu nasi goreng dengan isi udang, ikan, dan daging kepiting. Sementara Nasi Goreng Radja Ketjil adalah nasi goreng makanan laut yang diberi tambahan daging sapi dan daging ayam. Memang ini paduan yang tidak biasa, tetapi tampaknya lidah para tamu dapat menerima.

Sedangkan ayam hongkong, yaitu ayam goreng yang kulitnya kering dan rasanya gurih, dilengkapi saus minyak wijen dengan campuran bawang putih, serutan jahe yang memberi rasa segar.

Suasana rumahan

Halaman:
Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.