Ejakulasi Bikin Pria Makin Tua?

Kompas.com - 22/01/2009, 22:45 WIB
Editor

T. Paman Saya mengatakan bahwa cara agar awet muda adalah dengan memelihara sperma agar tidak banyak keluar. Apa benar seorang pria akan kehilangan energi dan menjadi makin tua setiap kali dia ejakulasi?

J. Penuaan dipengaruhi banyak hal seperti paparan radikal bebas, gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, konsumsi alkohol, stres berkelanjutan dan masih banyak lagi. Ejakulasi hanya bagian kecil yang bisa jadi kurang begitu berpengaruh pada proses ini.

Meski ejakulasi tidak hanya menguras energi (jasmani) dan emosi, setiap hari, tubuh kita senantiasa meremajakan diri dengan istirahat dan asupan makanan. Meski demikian, ejakulasi juga mempunyai efek positif, antara lain relaksasi dan merupakan bagian dari proses prokreasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.