Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi Lapindo Dijanjikan Hari Ini

Kompas.com - 20/02/2009, 04:44 WIB

JAKARTA,KAMIS-Pemerintah dan PT Minarak Lapindo Jaya, Kamis (19/2) siang, menggelar rapat singkat terkait tuntutan warga korban semburan lumpur Lapindo yang menuntut penyelesaian ganti rugi sesuai dengan skema yang telah dijanjikan Lapindo sendiri.

Pemerintah dan Lapindo berjanji akan menyampaikan solusi atas tuntutan itu pada Jumat ini kepada perwakilan korban.

Rapat itu diikuti pihak pemerintah yang diwakili oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo, Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro, serta Kepala Polri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri. Pihak Lapindo diwakili oleh Nirwan Bakrie dan General Manager PT Minarak Lapindo Jaya Imam P Agustino.

”Besok pasti ada solusinya. Mereka (korban) tahu beres sajalah,” ujar Djoko Kirmanto.

Sebelumnya, sekitar 170 warga korban semburan lumpur Lapindo kembali mendatangi kantor Departemen Pekerjaan Umum. Warga meminta pihak Lapindo memenuhi janji membayar uang muka ganti rugi sebesar 20 persen sesuai dengan kesepakatan yang dijanjikan Lapindo pada 3 Desember 2008. Setelah ganti rugi sebesar 20 persen itu lunas, Lapindo dua tahun kemudian berjanji melunasi sisa 80 persen secara mencicil.

”Akan tetapi, ini yang 20 persen saja mereka ingkar janji,” kata Sumitro, salah satu korban.

Pihak Lapindo, Rabu lalu, menyatakan kepada korban bahwa pihaknya hanya memiliki dana Rp 400 miliar (Rp 40 miliar per bulan) untuk dibayarkan hingga Desember 2009. (SF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com