Nasi Kebuli Gaya Betawi

Kompas.com - 21/02/2009, 08:23 WIB
Editor

MAU rasa bumbu kuat nasi kebuli Betawi? Datanglah ke Rumah Makan Ibu Layla. Mau yang tipis-tipis saja bumbunya? Datanglah ke Restoran dan Catering Puas. Bagi para penggemar nasi kebuli di Jakarta dan sekitarnya, kedua tempat makan ini memang populer.

Rumah Makan (RM) Layla terletak di Jalan Kampung Melayu Besar Nomor 70 di sebelah Masjid At-Tahiriyah, Jakarta Selatan, sedangkan RM Puas ada di tiga lokasi, yaitu di Jalan Condet Raya Nomor 78, Condet, Jakarta Timur; Jalan Lapangan Bola Nomor 5 di belakang kantor RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat; serta di Jalan Raya Jati Waringin Nomor 7 di depan Waringin Permai, Jakarta Timur.

Harga seporsi nasi kebuli di RM Layla Rp 35.000, sedangkan porsi yang lebih besar Rp 48.000. Porsi nampan sedang untuk enam orang Rp 270.000, sedangkan porsi nampan besar untuk delapan orang Rp 360.000.

”Untuk yang membeli nampan sedang, kami beri bonus satu porsi, sedangkan untuk yang membeli nampan besar, kami beri bonus dua porsi,” kata pemilik RM Layla, Faik.

Rasa jinten, kepulaga, dan cengkeh pada nasi kebuli RM Layla kuat di lidah. ”Khusus kepulaga, saya titip beli dari Malaysia, tetapi kepulaganya sendiri berasal dari Guatemala,” ujar Faik sambil menunjukkan dus penyimpan kepulaga bertulis buatan Guatemala.

Nasi kebuli Faik tidak membuat penikmatnya mual karena lemak daging kambing. Sebab, berasnya direbus dengan kaldu daging kambing yang sudah bebas dari lemak. ”Saya sendiri yang mengawasi agar tidak ada lemak mengambang dalam kaldu kambing kami,” tutur Faik.

Kepada pemotong kambing, ia selalu minta agar seluruh lemak dibersihkan. Jeroan dan kepala dibuang. Sesampai di RM Layla, Faik masih membersihkan daging dari lemak. Hasilnya, masih ada setengah kilogram lemak dibuang.

Supaya rasa manis daging kambing tidak hilang, daging tidak dicuci. Faik mengawasi langsung kebersihan tangan dan cara kerja pemotong kambing. Kambing ia pilih yang berusia maksimal enam bulan.

Itu sebabnya kambing goreng pendamping nasi kebuli buatan RM Layla empuk dan manis. Rasa rempahnya meresap dan tidak membuat mual.

Selain tiga potong daging kambing goreng, nasi kebuli RM Layla disertai sambal goreng yang dicampur irisan kecil ati dan daging paha kambing, serta acar timun, tomat, dan nanas muda. Acarnya sedikit berkuah. Hmm..., uap nasi hangatnya menebar aroma harum rempah, menggugah selera.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X