Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batam Tawarkan Wisata Kuliner Melayu

Kompas.com - 28/02/2009, 18:08 WIB

BATAM, SABTU - Kota Batam menawarkan wisata kuliner Melayu menyambut Batam Visit Year 2010. "Batam kaya masakan khas Melayu, yang kami harapkan mampu mengundang banyak wisatawan," kata Wali Kota Batam Ahmad Dahlan di Batam, Sabtu (28/2).
   
Ahmad Dahlan menyebutkan masakan Melayu yang dipromosikan antara lain roti prata, tepung gomak, roti jale dan nasi dagang. Di antara penganan itu, Wali Kota memerkenalkan nasi dagang, yang menurut dia khas Batam. "Ini makanan Batam asli," katanya.
   
Nasi dagang menyerupai nasi uduk atau nasi lemak, nasi yang dimasak menggunakan santan.  Bedanya, nasi dagang dibungkus daun pisang dan dicampur boule. "Boule itu khasnya. Kalau tidak ada, bukan nasi dagang namanya," kata Wali Kota mempromosikan.
   
Ia mengatakan Pemerintah Kota mengimbau hotel-hotel menyediakan penganan khas Melayu, sebagai daya tarik wisatawan. "Makanan khas ini akan kita letakkan di hotel-hotel," katanya.
   
Wali kota mengatakan harapan wisata kuliner khas Melayu dapat menarik wisatawan domestik dan mancanegara ke Batam. Pemerintah Kota Batam mencanangkan Batam Visit Year 2010 untuk menarik wisatawan asing dan lokal ke Batam dengan menawarkan sejumlah program kegiatan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com