Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atiqah Hasiholan Tak Anggap Enteng Peran PSK

Kompas.com - 11/03/2009, 04:39 WIB

SEMARANG, KOMPAS.COM--Sebagai aktris yang profesional Atiqah Hasiholan tidak pernah menolak peran-peran yang menarik dan menantang, tak terkecuali peran sebagai pekerja seks komersial (PSK).

"Jangan salah, memerankan seorang SPK dalam film perjuangan berjudul `Merah Putih` itu beda banget ya dengan film-filmku sebelumnya meski perannya sama-sama seorang perempuan penghibur," katanya kepada wartawan di lokasi syuting film "Merah Putih" di Lawang Sewu, Semarang, kemarin.

Atiqah menjelaskan dalam film tersebut perannya adalah sebagai Lastri, seorang perempuan asal Jawa yang kemudian lebih berjuang untuk dirinya sendiri. "Dia itu bekas PSK, dia orang yang sangat apatis dengan keadaan sekitarnya, ada sebuah kejadian yang membuatnya jadi seperti itu," katanya.

Bermain di peran-peran yang menantang bagi Atiqah akan menjadi kepuasan tersendiri apabila ia berhasil melakoni peran-peran yang dianggapnya sulit dan awalnya merasa tidak mampu.

"Menjadi PSK di film `Merah Putih` ini tidak mudah karena di semua adegan tidak ada kalimat atau dialog yang menyebutkan Lastri adalah bekas PSK. Sehingga aku harus mengeksplorasi aktingku mulai dari cara berjalan sampai cara bicara, ketika orang melihat aku jadi tahu siapa Lastri sebenarnya," ujar perempuan berambut panjang ini.

Disinggung perannya yang lagi-lagi menjadi PSK, Atiqah mengaku tidak khawatir atas persepsi penonton karena profesi itu hanya dilakoninya dalam film saja.

Ia berkeyakinan, selama peran yang disodorkan itu berasal dari film yang bagus dan pernannya sangat menantang, maka tidak ada alasan untuk menolak.

"Pokoknya selama produksi dimana aku terlibat adalah produksi yang bagus, maka aku akan ambil. Tapi kalau aku merasa filmnya kurang `sreg` di hatiku maka biasanya ya tidak aku terima," katanya.

Atiqah Hasiholan adalah aktris yang dibesarkan panggung teater Teater Satu Merah Panggung. Atiqah pernah tampil sebagai Jamilah, sang tokoh utama dalam pementasan "Pelacur dan Sang Presiden".

Putri dari aktivis dan seniwati, Ratna Sarumpaet ini juga telah menjajal perfilman Indonesia lewat perannya di film "Berbagi Suami", "Suster N", "Cinta Setaman", "Pintu Terlarang", dan saat ini dalam tahap syuting untuk film terbarunya "Merah Putih".

Peran Atiqah sempat menyita publik ketika ia tampil dalam film "Berbagi Suami" sebagai Ima, istri termuda Pak Haji yang diperankan El Manik, serta muncul dalam beberapa judul film televisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com