Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelukis Indonesia Ekspansi ke Malaysia

Kompas.com - 14/03/2009, 02:29 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.COM--Para pelukis Indonesia makin menyerbu pasar lukisan di Malaysia, setelah musik, film dan restoran Indonesia sukses ekspansi ke pasar Malaysia.

Sebanyak 38 pelukis wanita mengadakan pameran lukisan, 13-17 Maret 2009 di Kuala Lumpur, dimana sebelumnya Kartika Affandi juga mengadakan pameran lukisan mulai akhir Januari hingga awal Februari 2009.

Dubes RI untuk Malaysia Dai Bachtiar membuka pameran lukisan bertema "Exotic Indonesia in Colours" di Soka Gakkai, Kuala Lumpur, Jumat malam.

Dalam sambutannya, Dai mengatakan, "Dengan pameran lukisan ini, kami berharap bahwa rakyat Malaysia memahami lebih dalam tentang lukisan-lukisan Indonesia, khususnya karya pelukis wanita," katanya.

Sementara itu, Ketua ikatan wanita pelukis Indonesia Tio Jenie mengatakan, sangat bangga bisa menampilkan karya lukisan wanita Indonesia di Kuala Lumpur. "Kami banyak menampilkan lukisan dari berbagai macam aliran seperti naturalisme, realisme, impressionisme, dan ekspresionisme.

Pameran lukisan yang menggambarkan berbagai macam aspek kehidupan dan budaya Indonesia diharapkan dapat saling memahami antara Indonesia dengan Malaysia," katanya.

Penyelenggara pameran lukisan Ow Yin Peng, ketua divisi Soka Gakkai Malaysia sebuah LSM yang didirikan tahun 1984 untuk mempromosikan kebudayaan Malaysia, mengatakan, "Suatu peluang emas bagi rakyat Malaysia menyaksikan pameran lukisan karya pelukis wanita Indonesia."

Menurut dia, Indonesia adalah pusat pertemuan berbagai kebudayaan dan kedaerahan dengan 336 etnis, bahasa dan kebudayaan yang berbeda untuk menciptakan suatu identitas Indonesia.

Pameran lukisan ini menampilkan 100 lukisan karya pelukis wanita, dan satu pelukis laki-laki Mulyadi, yang menjadi guru lukis para pelukis wanita itu.

Hingga Maret 2009, sudah empat pameran lukisan yang dilakukan oleh pelukis Indonesia di Kuala Lumpur. Pertama, RA Fine Art mengadakan pameran solo pelukis Kartika Affandi. Setelah itu RA Fine Art mengadakan dua pameran lukisan dari para pelukis mancanegara termasuk juga para pelukis Indonesia.

Para pelukis Indonesia makin ekspansif masuki pasar Malaysia setelah lagu, film dan restoran makanan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com