Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Bersama Anak di Musim Hujan, Kenapa Enggak?

Kompas.com - 07/04/2009, 15:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Musim hujan masih berlangsung, tetapi bukan berarti agenda liburan mesti tertunda, apalagi ada deretan libur panjang di akhir pekan ini. Menikmati tetesan air hujan dari jendela bus, hotel, atau di vila adalah kenikmatan tersendiri. Dan, untuk membuat liburan di musim hujan lebih menyenangkan, tidak ada salahnya membawa anak-anak juga. Ikuti tips berikut.

1. Libatkan anak-anak, kecuali anda merencanakan kejutan buat mereka. Melibatkan anak-anak sejak dalam perencanaan liburan membuat mereka menjadi lebih berarti. Bukan zamannya lagi anak-anak hanya menurut kemauan orangtua termasuk untuk urusan liburan. Perencanaan bersama juga membuat anak-anak menjadi lebih kooperatif untuk petualangan di musim hujan yang butuh perhatian khusus ini. Buatlah komitmen bersama mengenai hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Melibatkan anak-anak dari awal memudahkan mereka untuk belajar soal komitmen.

2. Rencanakan jauh-jauh hari. Sering kali pemesanan tiket mendadak membuat anggota keluarga duduk terpisah di bangku pesawat, bus, atau kereta api. Maka, pemesanan tiket jauh-jauh hari akan sangat membantu tiap anggota keluarga mendapat tempat duduk saling berdekatan satu sama lain. Kan asyik tuh tetap bisa bercanda bersama keluarga selama perjalanan.

3. Paket wisata yang ditawarkan agen perjalanan merupakan alternatif menarik di musim hujan. Sebab, biasanya para wisatawan diajak berkeliling dengan bus wisata khusus. Dengan demikian, Anda tidak perlu berganti-ganti kendaraan dan berisiko kehujanan di jalan demi mencapai tujuan.  

4. Jangan lupa membawa payung, jaket, dan sepatu anti-air bagi semua anggota keluarga, terutama untuk si kecil. Bagi sebagian orang, membawa payung memang terasa tidak praktis, tetapi bagi sebagian orang, membawa payung membuat mereka lebih nyaman di musim hujan. Kalau Anda enggan membawa payung, pastikan jaket Anda cukup memadai di musim hujan.

6. Pastikan sepatu atau sandal yang Anda bawa tidak licin. Ada sejumlah sepatu dan sandal yang meskipun bentuknya bagus dan keren, tetapi tidak cocok dikenakan untuk musim hujan. Di musim hujan, prioritaskanlah fungsi ketimbang fashion.

7. Pilihlah tempat-tempat menarik yang akan dikunjungi yang terjangkau dengan kendaraan umum, kecuali Anda membawa kendaraan sendiri. Dengan demikian, Anda tidak terlalu lama berjalan di udara terbuka dan mengambil risiko kehujanan di jalan. Lakukanlah riset kecil mengenai tempat-tempat yang akan dikunjungi. Saat ini, informasi mengenai tempat wisata semakin mudah ditemui di internet.

8. Rileks! Liburan adalah saat-saat yang menyenangkan. Jangan jadi perfeksionis mengenai ketepatan waktu, terutama bersama anak-anak. Nikmatilah saat-saat indah ini.

Jangan lupa, secangkir minuman hangat bersama keluarga di musim hujan tidak sekadar menghangatkan badan, tapi juga batin. Selamat berlibur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com