Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel Konfirmasi Satu Orang Terjangkit Virus H1N1

Kompas.com - 03/05/2009, 15:04 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Selatan Sabtu (2/5) mengkonfirmasikan kasus pertama keturunan baru virus H1N1, setelah kasus pertama Asia dilaporkan oleh Hong Kong Jumat.

Jumlah negara dan kawasan yang tertular virus ini di seluruh dunia kini mencapai 16, termasuk kasus di Korea Selatan dan dua kasus terakhir dilaporkan Perancis.

Jumlah orang yang tertular virus ini di seluruh dunia telah mencapai 640 orang, dan 17 di antara mereka meninggal Sabtu, di Asia Timur.

Kementerian kesehatan, kesejahteraan dan keluarga Korea Selatan mengatakan, seorang wanita berumur 51 tahun yang dikarantina tak lama setelah kembali dari kunjungan ke Meksiko, telah dibenarkan mengidap H1N1 influensa turunan A.

Wanita tersebut, yang tinggal di sebuah biara, terbang kembali ke Seoul pada 26 April setelah mengunjungi Meksiko pada pertengahan April.

Dia dikarantina di satu rumah sakit pemerintah pada Selasa lalu, ketika dia mendapat gejala flu seperti batuk-batuk, menggigil dan panas tinggi saat terbang ke Seoul.

Dia telah sembuh dan akan segera dipulangkan. Pemerintah Korea Selatan telah menguji beberapa kemungkinan kasus lainnya, termasuk perempuan lain yang tinggal di biara yang sama, pada saat kasus tersebut dibenarkan.

Dia dites dan hasilnya positif, dengan dugaan pertama terjadi penularan dari orang ke orang atas virus tersebut di Korea Selatan.

Di Meksiko, Menteri Kesehatan Jose Cordova mengatakan, negaranya telah menyelesaikan tes terhadap 908 orang. Dari jumlah tersebut, 397 orang dikonfirmasikan terinfeksi virus flu baru tersebut, dan 16 dari yang terinfeksi meninggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com