Musim Libur Belum Tiba, Bali Sudah Macet

Kompas.com - 06/05/2009, 10:40 WIB
Editor

DENPASAR, KOMPAS.com — Meski belum memasuki musim liburan sekolah, Bali mulai diserbu wisatawan domestik dari berbagai kalangan, baik pelajar, karyawan, kelompok-kelompok masyarakat, maupun keluarga, dengan tujuan utama menginap di sekitar Pantai Kuta.
     
Dari Bali dilaporkan, Rabu (6/5), kunjungan wisatawan, terutama dari Pulau Jawa, yang memenuhi hotel-hotel di kawasan Pantai Kuta telah berlangsung sejak akhir pekan lalu dan akan terus meningkat hingga Juli.
     
Banyaknya kunjungan wisatawan domestik dan penyelenggaraan acara nonton bareng di kawasan pantai itu sempat menimbulkan kemacetan parah di jalanan menuju Pantai Kuta.
     
Bahkan, dari Bandara Ngurah Rai hingga Pantai Kuta yang hanya berjarak sekitar 5 kilometer memerlukan waktu tempuh sampai 1,5 jam akibat jalanan dipenuhi deretan mobil dan sepeda motor yang terjebak kemacetan hingga sulit bergerak.
     
I Dewa Putu S Riady saat memandu satu bus rombongan DPRD Kabupaten Kediri, Jawa Timur, membenarkan bahwa kini sudah mulai banyak kunjungan wisatawan domestik karena sebagian siswa libur bertepatan dengan masa ujian siswa kelas III.
     
Kunjungan wisatawan domestik akan terus meningkat dan mencapai puncaknya pada Juni-Juli bertepatan dengan musim liburan sekolah. Sementara itu, di Bali digelar Pesta Kesenian Bali selama sebulan sejak pertengahan Juni 2009.
     
Mulai banyaknya kunjungan wisatawan domestik juga membuat rombongan DPRD Probolinggo, Jatim, yang mencapai dua bus, terpaksa menginap di dua hotel terpisah di kawasan Kuta.
     
Pihak Wina Holiday Villa Kuta yang menjadi tempat menginap rombongan DPRD Kabupaten Kediri tak mampu menampung semua rombongan DPRD Probolinggo.
     
"Belakangan kunjungan tamu terus meningkat, terutama dari kalangan domestik," kata seorang petugas penerima tamu Wina Holiday Villa yang dikelola pengusaha dari Malaysia.
     
Sementara itu, hotel-hotel di kawasan Kuta, termasuk di Gang Popies I dan II, serta di sekitar Legian hingga Jalan Raya Kuta, umumnya juga sudah kehabisan kamar untuk pemesanan hingga Juni-Juli.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X