Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Tebing Gunung Kidul Belum Tergarap

Kompas.com - 23/05/2009, 08:03 WIB

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com — Wilayah Kabupaten Gunung Kidul dilimpahi kekayaan alam berupa pantai yang indah. Mayoritas pantai di Gunung Kidul merupakan tebing karang terjal yang indah. Wisatawan lokal sudah mulai memanfaatkan tebing-tebing itu sebagai tempat pemancingan.

Namun, Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul belum menggarap potensi pemancingan di tebing ini sebagai daya tarik wisata. Jelang akhir pekan seperti Jumat (22/5), banyak pemancing sudah yang mulai berdatangan ke pantai bertebing seperti di Pantai Parangracuk, Pantai Timang, dan Pantai Parangendok.

Mereka biasanya menginap dengan menggunakan tenda atau gubuk petani di pantai. Wisatawan dari Solo, Basuki (48) dan Seno Jito (65), misalnya, memancing di Pantai Parangracuk dalam rombongan yang terdiri dari 10 orang. “Memancing di tebing lebih menantang,” ujar Basuki.

Rombongan Basuki terbiasa berpindah lokasi pemancingan hingga ke Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Para pemancing tebing biasanya menjalankan hobinya tersebut tiap awal bulan dari tanggal 1-5 serta akhir bulan pada tanggal 26-31. Mereka juga menghindari memancing ketika bulan purnama karena hasil tangkapan sedikit.

Seno mengaku mulai gemar memancing di tebing sejak 10 tahun lalu. Jumlah pemancing tebing terus bertambah dari tahun ke tahun. Saat ini, tebing pantai Gunung Kidul selalu ramai oleh pemancing terutama pada hari libur. “Bisa hilangkan rasa jenuh serta beban pekerjaan,” tambah Seno.

Pemancing tebing biasanya memeroleh beragam jenis ikan mulai dari kakap merah, kerapu, hingga ikan pari. Hobi memancing di tebing, menurut Basuki, mulai marak sejak lima tahun terakhir. Pantai di Gunung Kidul diminati oleh wisatawan, terutama karena kondisinya yang masih alami.

Kepala Dinas Pariwisata Gunung Kidul Sudodo mengatakan bahwa keunggulan pariwisata Gunung Kidul terletak pada keindahan pantainya. Pantai bertebing di Gunung Kidul memang kaya dengan beragam jenis ikan yang mudah untuk dipancing. Sejauh ini, Dinas Pariwisata Gunung Kidul belum memiliki program untuk pengembangan wisata tebing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com