Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batik Modern untuk Anak

Kompas.com - 22/06/2009, 18:19 WIB

KOMPAS.com — Masih ingatkah Anda beberapa waktu lalu ketika batik menjadi primadona tren orang dewasa dalam berpakaian? Potongan balon pada batik sempat menjadi tren yang banyak diikuti perempuan dewasa di Jakarta. Bisa dikatakan, Jakarta demam batik pada saat itu. Namun belakangan ini, batik pun mulai menghilang. Hanya sebagian orang yang terlihat masih mengenakan busana tersebut.

Ya, batik, salah satu karya budaya bangsa yang seperti mati segan, hidup tak mau, ini mesti cepat-cepat dilestarikan. Setidaknya diperkenalkan kepada anak-cucu, sebelum terlupakan, atau lebih parah, diklaim oleh negara lain. Adalah Allure, rumah batik yang namanya makin menggaung, ingin memperkenalkan batik kepada anak-anak. Mereka memang sudah memiliki lini koleksi Allure Kids. Namun, ada satu hal mengejutkan yang ditawarkan Allure baru-baru ini. Bersama Nickelodeon, jaringan media internasional, Allure menciptakan desain batik yang dicampurkan dengan salah satu tokoh kartun, yakni Spongebob Squarepants.

Bertempat di Senayan City, pada hari Jumat (19/6), Allure memperkenalkan lini koleksi barunya ini. Pihak Nickelodeon dan Allure menamakan koleksi kolaborasi ini dengan nama Bobatik. Hal ini dilakukan juga dalam rangka ulang tahun SpongeBob Squarepants yang ke-10.

Koleksi Allure Bobatik ini akan diluncurkan awal musim panas ini di butik-butik Allure, dimulai dengan koleksi pakaian sehari-hari dan aksesori untuk anak dan remaja. Koleksi Bobatik ini masih sarat dan kental dengan warna dan motif yang dimiliki Allure Kids, namun ditambahkan dengan patchwork motif dan corak abstrak khas SpongeBob Squarepants.

“Batik akan selalu menjadi bagian dari warisan budaya kami. Kolaborasi inovatif dalam mempresentasikan batik seperti ini memberi daya tarik yang relevan untuk anak Indonesia,” tutur Suherman Mihardja, Komisaris Allure Batik, di kesempatan yang sama. Koleksi Bobatik ini tersedia untuk anak-anak hingga remaja dalam warna-warna terang, namun manis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com