Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maria Febe dan Andre ke Perempat Final

Kompas.com - 30/07/2009, 19:04 WIB

AUCKLAND, KOMPAS.com - Andre Kurniawan Tedjono masih terlalu tangguh bagi pemain Pelatnas Yoga Pratama. Dalam pertarungan yang berlangsung Kamis (30/7), Andre yang membawa bendera klub PB Djarum itu menang straight set 21-14 21-16, sekaligus meraih tiket perempat final turnamen Selandia Baru Terbuka.

Dengan demikian, Andre menjadi satu-satunya wakil Indonesia di sektor tunggal putra dalam turnamen berhadiah 50.000 dollar AS tersebut (sekitar Rp 497,750 juta). Selanjutnya, pemain yang juga pernah berada di bawah atap Pelatnas Cipayung ini akan bertemu dengan pemain non-unggulan dari Hongkong, Wing Ki Wong, yang membuat kejutan karena menang straight set 21-9 21-16 atas unggulan keempat dari Inggris, Andrew Smith.

Sementara untuk sektor tunggal putri, hanya Maria Febe Kusumastuti yang lolos ke perempat final setelah menang rubber set 17-21 21-17 21-19 atas unggulan delapan dari Jepang, Ayane Kurihara. Keberhasilan pemain PB Djarum ini mengobati kekecewaan rekan senegaranya, Fransiska Ratnasari, yang tak berkutik melawan unggulan ketiga dari Jepang, Sayaka Sato, karena kalah 18-21 20-22.

Namun di babak delapan besar, Jumat (31/7), Maria yang pekan lalu menjadi juara Australia Open Grand Prix akan menghadapi lawan sangat tangguh. Pasalnya, Maria yang merupakan unggulan keempat, bertemu dengan unggulan kedua dari Jepang, Megumi Taruno, yang lolos setelah menjungkalkan pemain Hongkong Tsz Ka Chan dengan 24-22 21-14.

Di sektor ganda putra dan ganda putri pun Indonesia hanya meloloskan satu wakil.

Di ganda putra, hanya Fernando Kurniawan/Lingga Lie yang merupakan unggulan kedua, lolos dari jegalan pemain tuan rumah Jian Dee Chew/Chris Lee, setelah menang 21-12 21-9. Sedangkan Wifqi Windarto/Afiat Yuris Wirawan harus mengakui kehebatan pemain India yang merupakan unggulan utama, Rupesh KT Kumar/Sanave Thomas, yang menang 21-16 20-22 21-17.

Ganda putri pun demikian, dari tiga pasangan yang lolos ke babak kedua ini, hanya unggulan kedua Anneke Feinya Agustine/Anisa Wahyuni yang maju untuk memperebutkan tiket semifinal setelah menggulung rekannya dari Pelatnas, Pia Zebadiah Bernadet/Debby Susanto, dengan 21-17 14-21 21-17. Sementara itu Komala Dewi/Keshya Nurvita Hanadia menyerah 19-21 9-21 dari unggulan utama asal Hongkong Tsz Ka Chan/Ying Suet Tse.

Selanjutnya, Fernando Kurniawan/Lingga Lie akan menghadapi unggulan keempat dari Jepang Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata, sedangkan Anneke Feinya Agustine/Anisa Wahyuni berhadapan dengan pasangan gado-gado Nguyen Nhung Le Ngoc (Vietnam)/Kristina Ludikova (Republik Ceko).

Hanya ganda campuran yang berhasil menempatkan dua pasangan di babak perempat final. Fran Kurniawan Teng/Pia Zebadiah Bernadet yang merupakan unggulan ketujuh lolos setelah menang 21-16 21-13 atas pasangan Australia Ben Walklate/Kate Wilson-Smith dan Tontowi Ahmad/Richi Puspita Dilli (unggulan 4) menang straight set 21-14 21-11 atas unggulan lima dari India Arun Vishnu/Aparna Balan.

Hanya Muhammad Rijal/Debby Susanto yang gagal. Unggulan ketiga ini gagal mengikuti jejak rekan-rekannya dari Pelatnas Cipayung tersebut karena ditaklukkan oleh pasangan Malaysia Yogendran Krishnan/Anita Raj Kaur dengan 19-21 22-24.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com