Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diplomasi Kuliner dan Budaya Indonesia di Sri Lanka

Kompas.com - 11/08/2009, 09:46 WIB

KOLOMBO, KOMPAS.com-Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kolombo bekerja sama dengan Hilton Colombo menyelenggarakan Indonesian Food Festival dengan tema “Irresistably Indonesian” dari tanggal 10 hingga 18 Agustus 2009 di Hilton Colombo.  

Kegiatan yang memadukan kuliner dengan pertunjukan seni budaya Indonesia merupakan terobosan KBRI Colombo untuk memperkenalkan sekaligus mengobati kerinduan masyarakat Sri Lanka terhadap masakan dan kesenian Indonesia.

Dua chef asal Jakarta, Chef Eksan dan Chef Indra, dengan dukungan sepenuhnya dari para chef Hilton Colombo menyajikan berbagai masakan Indonesia. Sedangkan kelompok “Geronimo” pimpinan dr. Anton Issoedibyo menampilkan berbagai tari dan lagu daerah Indonesia. “Irresistably Indonesian” merupakan satu wujud diplomasi kuliner berpadu dengan diplomasi budaya Indonesia di Sri Lanka.

Duta Besar RI untuk Sri Lanka, Djafar Husein, bersama Menteri Perminyakan Sri Lanka/Ketua Asosiasi Persahabatan Parlemen Indonesia – Sri Lanka A. H. M. Fowzie, dan  General Manager Hilton Colombo Jerome Auvity membuka Indonesian Food Festival pada tanggal 10 Agustus 2009 di Hilton Colombo. Acara pembukaan dihadiri oleh kalangan diplomatik, pejabat setempat, WNI dan masyarakat setempat.

Menurut Duta Besar Djafar Husein, setelah sekian lama Indonesian Food Festival tidak berlangsung di Sri Lanka, maka penyelenggaraannya kali ini merupakan langkah terobosan untuk semakin memperkuat citra positif kuliner dan budaya Indonesia di luar negeri.

Sejak pemerintah Sri Lanka berhasil mengalahkan terorisme, kondisi keamanan di negeri ini menjadi semakin baik dan normal. Saat ini terdapat peningkatan kunjungan wisatawan ke Sri Lanka. Kondisi yang semakin baik ini merupakan peluang bagi promosi makanan dan budaya Indonesia. Menurut pihak Food and Beverage Hilton, diperkirakan dalam satu hari food festival ini akan dihadiri 150– 250 orang.  

KBRI Kolombo menyelenggarakan Indonesian Food Festival sebagai bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-64. Sebelumnya telah dilaksanakan berbagai perlombaan yang diikuti masyarakat Indonesia di Sri Lanka. Puncak peringatan HUT RI di Sri Lanka akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2009 dengan upacara bendera di KBRI Kolombo yang selain diikuti oleh masyarakat Indonesia juga asosiasi persahabatan Sri Lanka – Indonesia. Setelah upacara berlangsung akan dilaksanakan lomba dan kegiatan gembira, serta panggung hiburan yang juga akan menampilkan kelompok Geronimo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com