Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Yogyakarta Anti Nyasar

Kompas.com - 07/09/2009, 08:36 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Setiap libur Lebaran, Daerah Istimewa Yogyakarta selalu dibanjiri wisatawan. Yang terbanyak tentu saja mereka yang pulang ke kampung halaman. Namun, bukan hanya orang Yogya yang bertandang ke sana di musim libur Lebaran.

Dinas Pariwisata DIY sadar betul kalau Kota Gudeg itu merupakan salah satu destinasi favorit di setiap musim liburan. Mereka yang datang ke Yogya perlu memperoleh informasi tentang aneka tempat menarik di sana. Wisatawan mudik ini tidak boleh diabaikan karena potensinya sangat besar.

Oleh karena itu, Dinas Pariwisata setempat akan membuka pusat layanan informasi Lebaran 2009 guna memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan yang berlibur di Yogyakarta.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Tazbir, di Yogyakarta, akhir pekan lalu mengatakan, pihaknya akan membuka empat titik pusat layanan informasi Lebaran 2009. Mereka yang membutuhkan informasi mengenai Kota Yogyakarta dapat menghubungi  Tourism Information Center (TIC). Catat, posko layanan informasi ini dapat dijumpai di:

1. Jalan Malioboro 14,
2. Depan Kantor Dinas Pariwisata Provinsi DIY Jalan Malioboro 56,
3. Stasiun Tugu, dan
4. Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Ia mengatakan, adanya layanan informasi Lebaran ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi para wisatawan khususnya yang berkaitan dengan pesanan kamar hotel, obyek wisata, tempat wisata kuliner hingga pusat belanja yang tersedia di Yogyakarta.

"Kami harapkan, layanan informasi Lebaran ini akan semakin mendekatkan wisatawan dengan masyarakat Yogyakarta sehingga mereka bisa lebih lama tinggal di daerah ini," katanya.

Menurut dia, fasilitas yang ada di obyek wisata di wilayah DIY cukup lengkap dan  beragam, termasuk yang saat ini menjadi daya tarik pariwisata DIY, yaitu desa wisata. "Wisatawan yang berlibur pada Lebaran tahun ini memiliki banyak alternatif kunjungan ke obyek wisata di daerah ini, termasuk desa wisata," katanya.

Menurut dia, biasanya selama libur Lebaran, beberapa obyek wisata di DIY ramai  oleh pengunjung wisatawan nusantara dan mancanegara. "Untuk tahun ini diharapkan, kunjungan wisatawan selama libur Lebaran meningkat," katanya.

Ia mengatakan, desa wisata di DIY diharapkan menjadi lokomotif baru daya tarik wisata selama libur Lebaran karena yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari aktivitas keseharian masyarakat, atraksi budaya lokal, serta lingkungan pedesaan yang sehat dan bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com