Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tomohon Menyajikan Surga Dunia

Kompas.com - 07/09/2009, 09:36 WIB

TOMOHON, KOMPAS.com — Tak sekadar Bunaken dengan taman lautnya, bumi Nyiur Melambai memiliki bentangan alam pegunungan nan indah yang begitu mengagumkan. Tuhan telah menciptakan tanah bagi orang Kawanua ini penuh potensi, khususnya di sektor periwisata. Satu di antara tempat wisata yang menjadi andalan Kota Tomohon dikenal dengan sebutan Gardenia.

Revo, Public Relation Gardenia, mengatakan, tanah yang awal mulanya diperuntukkan sebagai tanah permukiman dan perkebunan pertanian ini dirancang sedemikian rupa hingga menjadi tempat yang asyik untuk tempat wisata.

"Gardenia merupakan wisata alam. Menyajikan panorama keindahan alam Tomohon serta kelestariannya," kata dia saat berbincang dengan Tribun Manado di ruang Gardenia Kitchen, Kelurahan Kakaskasen II, Rabu (2/9).     

Keasrian betul-betul terjaga saat mengelilingi lokasi wisata alam Gardenia. Rimbunan pohon yang menghijau begitu terasa. Suasana kesejukan dengan tampilan bangunan rumah kayu (rumah adat) Minahasa memberikan kegembiraan hati yang memandanginya. Tak hanya itu, rerumputan disertai tetumbuhan bunga-bungaan menjadikan atmosfer Gardenia seakan sebagai lokasi surgawi dunia.

"Kami menanam banyak jenis bunga. Beragam jenis yang ditanam seperti di antaranya ada Condyline fruitcosa, Spathoglottis plicata, lavender. Pokoknya semua bunga diberi nama agar pengunjung mengetahui," urainya. 

Bahkan berkat hal itu, makhluk lain, seperti burung-burung, tak sungkan menyambangi lokasi Gardenia. Kicauan ceria menandakan burung nyaman berada di Gardenia.

Selain menyajikan suguhan alam, Gardenia menyediakan tempat hunian penginapan berkonsep natural. Setiap pengunjung yang ingin menginap tidak perlu memusingkan mencari makan dan minum karena semua tersedia secara lengkap.  "Pastinya tidak akan menyesal. Penginap bisa sekaligus merasakan alam Lereng Gunung Lokon dan tepian Kota Tomohon," ucap Revo.

Untuk kulinernya, Revo menjelaskan, bahan-bahan makanan langsung diambil dari perkebunan yang ada di Gardenia. Perkebunan itu tidak memakai pestisida karena lebih mengutamakan nilai kealamiannya. "Masakan rumah penginapannya ialah menu makanan bahan-bahan organik dengan beragam variasi. Kami betul-betul memerhatikan kesehatan," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com