Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Ada Internet Gratis di Malioboro

Kompas.com - 15/09/2009, 08:39 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat ini menyediakan fasilitas ’hot spot’ gratis bagi masyarakat yang tengah berada di kawasan Malioboro.
    
Kepala Dinas Pariwisata DIY, Tazbir di Yogyakarta, Senin (14/9) mengatakan, pengguna layanan internet segera dapat memanfaatkan fasilitas "hot spot" gratis di sepanjang Malioboro untuk berselancar di dunia maya.
    
"Kami akan menyediakan fasilitas hot spot gratis kepada masyarakat yang kebetulan tengah berada di sepanjang Malioboro," kata Tazbir.
    
Menurut dia, fasilitas hot spot tersebut akan dapat diakses dengan mudah dan nyaman oleh masyarakat dengan kecepatan akses yang cukup baik. "Menurut tim teknis yang menangani pemasangan hot spot, tidak ada kendala dalam memanfaatkan layanan tersebut," katanya.
    
Fasilitas hot spot gratis tersebut dapat dinikmati melalui alamat laman www.visitingjogja.com.
    
Sementara itu, khusus untuk menyambut libur Lebaran, Tazbir menyatakan, pihaknya juga akan membuka stan khusus yang memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat untuk menikmati internet.
    
"Stan pertama ada di kantor Dinas Pariwisata yang kebetulan berada di kawasan Malioboro dan stan kedua ada di Benteng Vredeburg," katanya.
    
Tazbir menyatakan, akan ada sedikitnya lima komputer yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk mengakses internet secara cuma-cuma. "Kami akan membuka layanan tersebut pada 24-27 September mendatang," katanya.
    
Sebelumnya, Pemerintah Kota Yogyakarta juga telah melengkapi kawasan Malioboro sebagai jantung wisata di kota tersebut dengan fasilitas hot spot yang memiliki "band width" sebesar 3 mega byte per second (mbps).
    
Fasilitas hot spot dengan halaman muka "Malioboro Hot Zone" tersebut dipasang mulai dari Jalan Mangkubumi, Jalan Malioboro hingga ke titik nol kilometer.
    
Sebelumnya, Wakil Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menyatakan, di halaman muka "Malioboro Hot Zone" tersebut juga tercantum beberapa menu diantaranya jadwal kereta api, pesawat, alamat hotel dan restoran serta berbagai toko serta indeks mata uang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com