Ikan Pari Raksasa Kejutkan Wisatawan Tanjung Bira

Kompas.com - 24/09/2009, 09:19 WIB
Editor

BULUKUMBA, KOMPAS.com - Wisatawan di Pantai Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, dikagetkan dengan munculnya seekor ikan pari raksasa jenis Manta Ray (Manta birostris), Rabu (23/9).
     
Ikan yang memiliki dua sirip kepala berbentuk tanduk dengan panjang mencapai enam meter ini diperkirakan memiliki berat ratusan kilogram.
     
Kehadiran ikan pari ini menjadi pusat perhatian dan objek photo pengunjung yang sedang menikmati masa liburan di pantai yang terkenal dengan keindahan pasir putihnya itu.
     
Ratusan wisatawan domestik dan mancanegara yang sedang berlibur ke daerah itu terlihat bergantian mengabadikan peristiwa yang langka tersebut.
     
Ikan  pari itu ditemukan terperangkap di jaring milik seorang nelayan Bulukumba bernama Mohammad (41) yang diperkirakan ditemukan di sekitar kawasan wisata Pantai Bira.
     
Mohammad sempat  mengalami kesulitan saat akan menarik hasil tangkapannya itu ke bibir pantai, meski dia telah dibantu oleh puluhan pengunjung Pantai Tanjung Bira dengan menarik menggunakan tali.
     
Nelayan dan rekannya berencana akan melepaskan kembali ikan pari tersebut ke laut lepas, namun ikan yang ditemukan itu dalam kondisi lemah dan banyak luka.
     
Akhirnya, para nelayan ini terpaksa memutuskan memotong daging ikan tersebut menjadi beberapa bagian untuk dijual.
     
Menurut nelayan setempat, dalam beberapa tahun terakhir ini jarang sekali nelayan yang berhasil menangkap ikan pari berukuran raksasa di sekitar Pantai Tanjung Bira.
     
Tanjung Bira sendiri terletak sekitar 40 kilometer dari pusat Kabupaten Bulukumba, atau sekitar 200 km dari Kota Makassar.   
     
Perjalanan dari Kota Makassar ke Kota Bulukumba dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum berupa mobil Kijang, Panther atau Innova.
     
Kawasan wisata Pantai Tanjung Bira dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti restoran, penginapan, vila, bungalow, dan hotel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.