Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Tarian Rakyat Reog Penyangga Kepariwisataan

Kompas.com - 02/10/2009, 01:43 WIB

BOYOLALI, KOMPAS.com--Festival Tarian Rakyat Reog dikembangkan masyarakat lereng Gunung Merbabu, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, sebagai penyangga kepariwisataan Solo-Selo-Borobudur (SSB).

Camat Cepogo,  Arif Wardianta, di Boyolali, Rabu, mengatakan, festival itu diselenggarakan dua tahun sekali untuk mengenalkan lebih dekat tarian rakyat kawasan Merbabu kepada wisatawan baik domestik maupun mancanegera.

"Cepogo merupakan daerah penyangga tujuan pariwisata ke SSB. Cepogo mengandalkan kesenian tari rakyat dan kerajian kuningan Tomang," katanya.

Sebanyak 21 kelompok kesenian dari 15 desa di lereng Merbabu mengikuti festival itu.

Ia menjelaskan, setiap desa mengirimkan wakilnya paling banyak dua kelompok kesenian rakyat seperti tarian reog, kuda lumping, dan rebana dalam festival itu.

Kelompok kesenian rakyat dari Dusun Sidosari, Desa Sukabumi, Cepogo, yang ikut dalam event tersebut, katanya, pernah merebut juara satu tingkat kabupaten.

Festival itu terlihat meriah dengan diawali prosesi jalan kaki para seniman sejauh sekitar 500 meter dari Lapangan Mliwis melewati Pasar Cepogo dan berakhir di halaman kantor kecamatan setempat.

Masyarakat tampak menyaksikan prosesi tersebut dari tepi kanan dan kiri jalan yang dilalui para seniman.

Peserta festival yang tampak mengenakan kostum berwarna-warni secara mencolok dan berdandan seperti seorang prajurit zamannya Kerajaan Mataran itu berjalan sambil menari mengikuti musik tradisional Jawa, gamelan.

Setiap peserta menampilkan gerakan tarian yang berbeda-beda. Setiap kelompok kesenian terlihat secara kompak menyuguhkan tarian tradisionalnya sedangkan para penonton bertepuk tangan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com