Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Danau Kelimutu Semua Berubah Hijau Muda

Kompas.com - 14/10/2009, 20:02 WIB

ENDE, KOMPAS.com - Warna Danau Kelimutu, di Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur kini berubah lagi, malah semuanya menjadi hijau muda dalam sepekan terakhir. Perubahan terakhir terjadi pada Desember 2008, yaitu pada danau Tiwu Ata Polo dari warna cokelat kehitaman menjadi hijau tua, sedangkan saat ini menyusul danau Tiwu Ata Mbupu yang sebelumnya hijau kehitaman berubah menjadi hijau muda.

Warna air danau Tiwu Ata Mbupu sama den gan danau Tiwu Nua Muri Koo Fai yang memang dominan hijau sejak diteliti oleh B.C.Ch.M.M van Suchtelen tahun 1915. Perubahan warna dari hijau kehitaman ke hijau muda itu berlangsung sekitar Senin (5/10), pekan lalu.

"Biasanya perubahan warna danau terjadi dalam hitungan tahun. Perubahan juga biasanya pada satu kawah, tapi kali ini dalam waktu 8 bulan sudah terjadi perubahan pada dua kawah," kata Kepala Balai Taman Nasional (BTN) Kelimutu, Gatot Soebiantoro, Rabu (14/10), di Ende.

Namun Gatot menyayangkan, peristiwa unik tiada duanya di muka bumi yang baru terjadi itu pihak BTN Kelimutu belum dapat menjelaskan secara ilmiah perubahan warna air di kawah danau dengan ketinggian 1.690 meter di atas permukaan laut tersebut.

Warna air danau Kelimutu pernah diteliti oleh tim Pusat Penelitian Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia tahun 2007 ketika warna danau Tiwu Ata Polo masih cokelat kehitaman, lalu danau Tiwu Nua Muri Koo Fai berwarna hijau muda, dan Tiwu Ata Mbupu, hijau lumut.

Fenomena perubahan air danau Kelimutu saat ini relatif cepat. Oleh karena itu Gatot berpendapat, sebaiknya ada semacam stasiun riset geologi untuk wilayah Flores, sehingga fenomena alam seperti sekarang jika ada ahli di bidangnya yang berkantor di Ende, maka akan lebih cepat terpantau aktivitas Gunung Kelimutu yang masih aktif itu, sekaligus dengan hasil analisis ilmiahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com