Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Secangkir Cokelat di Tepi Danau Jenewa

Kompas.com - 02/12/2009, 17:42 WIB

TUHAN mungkin sedang bersenang hati ketika menciptakan Swiss. Negara kecil di tengah daratan Eropa itu dikaruniai pemandangan indah. Gunung-gunung  yang puncaknya tertutup salju, juga danau yang cukup luas. Walaupun tidak memiliki laut karena dikelilingi Perancis, penduduk di seputar danau Jenewa tetap dapat menikmati berlayar dengan yacht di sekeliling danau.

Penduduk Jenewa tidak lebih dari 400.000 orang, 45 persen di antaranya adalah penduduk dari 180 negara.  Distrik Jenewa hanya seluas  282 kilometer persegi. Jenewa berada di antara pegunungan Alpen dan Yara.

Danau Jenewa atau Geneva Lake disebut juga Lac  Leman dalam bahasa Perancis. Danau ini merupakan danau yang terbesar di Eropa barat dengan luas sekitar 582 kilometer persegi. Sekitar 60 persen berada dalam wilayah Swiss meliputi kawasan Vaud, Geneva dan Valais dan 40 persen termasuk kawasan Perancis di wilayah Haute-Savoie.

Musim dingin di Swiss cukup membuat tubuh yang biasa bermandi matahari menggigil. Cuaca pada siang hari sekitar 5-6 derajat celcius. Secangkir cokelat seharga 12 chf atau Rp 120.000 membantu menghangatkan tubuh. (Anastasia Joice, dari Swiss)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com