Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Russian Roulette": Makan, Bermain, Berteman Pistol

Kompas.com - 11/01/2010, 14:29 WIB

KOMPAS.com - Selain penyajian yang unik, Strawberry Cafe punya daya tarik lain. Pemilik kafe, Putra Priyadi, yang memang punya ketertarikan pada permainan jenis board game, menggabungkan konsep kuliner dan permainan untuk membuat pengunjung betah.

Penggabungan dua konsep ini terlihat dalam menu, yang diberi nama "Russian Roulette". Jika memesan menu ini, pelayan akan menyajikan jus stroberi dengan beberapa campuran dalam 12 gelas kecil di nampan berbentuk bulat, ditambah sebuah pistol mainan.

Ke-12 jus ini ditata melingkari pistol yang diletakkan di tengah. Cara bermainnya, setiap peserta harus meminum jus di gelas yang ditunjuk ujung pistol yang diputar lebih dulu. Hati-hati, karena tak semua jus stroberi dicampur jus buah lain. Ada pula jus stroberi yang dicampur cabe rawit yang rasanya membuat panas lidah dan perut.

Sambil menunggu pesanan datang, pengunjung juga bisa meminjam permainan yang rata-rata dibeli Putra dari Eropa dan Amerika Serikat, seperti monopoli dalam versi-versi Disney, yakni chair yang dimainkan dengan menyusun kursi-kursi kecil supaya tidak runtuh, atau ada juga uno.

Putra mengatakan, konsep permainan ini sudah diterapkan sejak Cafe Strawberry masih bernama Warung Stroberi. Saat itu, permainan yang dipinjamkan berupa permainan tradisional, seperti bekel dan congklak.

Konsep permainan dalam kafe menarik pengunjung kaum muda. Suasana kafe bisa ramai meski pengunjung tidak terlalu banyak. Jadi, jangan kaget kalau sesekali akan terdengar teriakan mereka yang sedang bermain. Apalagi, permainan yang disediakan memang lebih ramai jika dimainkan banyak orang.

Putra juga tidak memberi batas waktu kepada pembeli untuk berada di kafenya. Setiap pengunjung bisa bebas berada di kafe dan mengganti-ganti permainan sesuka mereka.

”Kami tidak pernah membuat pengunjung buru-buru meninggalkan tempat. Saya tidak takut rugi. Saya justru ingin membuat kafe yang berkesan buat pengunjung,” kata Putra.

Dengan menggabungkan konsep kuliner dan permainan, tak heran pegawai-pegawai di Strawberry Cafe tak hanya bertugas melayani pesanan makanan dan minuman, tetapi juga melayani permintaan untuk meminjam permainan. Tak hanya itu, mereka pun harus bisa menjelaskan cara bermainnya.

Di Bandung, sebagian besar tempat wisata kuliner stroberi menerapkan konsep permainan alam karena memang terletak di alam terbuka. All About Strawberry yang luasnya sekitar 1 hektar punya arena bermain anak-anak, kolam renang, rakit dan balon air. Sementara itu, Vin’s Berry Park menyediakan permainan flying fox, titian tali, papan panjat, rakit, dan gokar. (BAY/IND/IYA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com