Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eksibisi Indonesia di Vakantiebeurs Kena Semprit

Kompas.com - 14/01/2010, 18:42 WIB

UTRECHT, KOMPAS.com — Pertunjukan budaya Indonesia pada hari kedua, Rabu (13/1/2010), mendapat teguran tiga kali dari pihak panitia Vakantiebeurs. Alasannya, eksibisi budaya yang menampilkan berbagai tarian Indonesia mengganggu stan-stan lain. Penampilan putra-putri Indonesia yang membawakan lagu dan tarian Nusantara, terutama ketika membawakan tarian sunda yang mengandung gerakan goyang, geol, dan gitek, menyedot banyak pengunjung dan membuat stan-stan di sekitarnya sepi.
 
"Kami kemarin ditegur tiga kali, pagi, siang, dan sore. Panitia mengancam akan mencabut listrik stan kami kalau pertunjukan masih ramai dengan suara keras," Agus Safari, Koordinator Pertunjukan Budaya Indonesia pada Vakantiebeurs 2010, pekan promosi pariwisata terbesar di Utrecht yang berlangsung 12 hingga 17 Januari. Pihak panitia mengeluarkan teguran setelah mendapat komplain dari stan-stan negara lain yang merasa terganggu dengan pertunjukan Indonesia yang menyedot ratusan pengunjung yang sebagian besar orang Belanda.
 
Menurut pengamatan Kompas, panggung ekshibisi budaya Indonesia yang berada di Hall 2 Vakantiebeurs berlangsung gegap gempita. Orang-orang Belanda ikut turun menari mengimbangi penari-penari cantik dari Sanggar Robot Percussion, Bandung. Eksibisi budaya yang dipandu oleh MC Ika Widianingsih berlangsung meriah mulai pagi hingga sore. Di stan ini, pengunjung disediakan minuman dan makanan ringan khas Indonesia secara gratis untuk pengunjung.

Ganti kliningan

Karena mendapat teguran, suara alat musik pada ekshibisi yang berlangsung hari Kamis (14/1/2010) itu diperhalus. "Kami diminta agar suara yang keluar tidak lebih dari 80 db. Alat-alat musik seperti perkusi ini memang didesain keras. Tapi kami bisa mengurangi dengan alat-alat yang ada untuk kliningan, tari saman, dan sasando," kata Agus. Teguran ini tidak menyurutkan delegasi Indonesia.

Meskipun suara diperkecil, ekshibisi budaya Indonesia tetap menyedot banyak pengunjung. Stan Indonesia di Hall 2 ini memang dikhususkan untuk pertunjukan, bukan bisnis. Stan bisnis berada di Hall 2. Adapun Indonesia dalam Vakantiebeurs tahun ini sebagai partner utama negara tuan rumah. Indonesia mengirim 136 delegasi.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI Jero Wacik hari ini mengungjungi stan-stan Indonesia. Pekan promosi pariwisata ini diikuti oleh 160 negara, termasuk Amerika Serikat.                                                  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com