Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo ke Pantai Medana!

Kompas.com - 20/02/2010, 12:06 WIB

MATARAM, KOMPAS.com — Pantai Medana di Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, kini semakin dikenal wisatawan mancanegara dan Nusantara, terutama setelah ratusan yacht atau kapal pesiar singgah di obyek lokasi wisata bahari tersebut.
     
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat Lalu Gita Aryadi di Mataram, Sabtu (20/2/2010), mengatakan bahwa Pantai Medana dikenal wisatawan terutama karena posisinya berdekatan dengan obyek wisata tiga gili (pulau kecil) Trawangan, Meno, dan Air.
    
Dia mengatakan bahwa pantai Medana disinggahi 160 kapal pesiar pada 20 September 2009. Kapal-kapal itu berasal dari 30 negara di Asia, Amerika, dan Eropa yang sebelumnya mengikuti Sail Bunaken. "Pantai Medana lokasinya berdekatan dengan obyek wisata tiga gili yang selama ini menjadi ikon pariwisata NTB, dan di pantai tersebut berdiri hotel bintang lima plus, yakni Hotel Oberoi dan beberapa hotel lainnya," katanya.
    
Selain itu, di Pantai Sira di Desa Sigar Penjalin terdapat lapangan golf bertaraf internasional, yakni Lombok Golf Kosaido Country Club dan di tempat wisata ini juga sedang dibangun sejumlah hotel berbintang.
     
Menurut sejumlah wisatawan mancanegara, obyek wisata Medana memiliki banyak kelebihan, antara lain dapat menikmati sunset. Sementara itu, obyek wisata tiga gili memiliki keindahan alam bawah laut. Lokasi tiga gili ini merupakan barometer pariwisata NTB.
     
"Artinya kalau kunjungan ke obyek wisata Gili Terawangan, Meno, dan Air sepi, turis yang berkunjung ke obyek wisata lain di kabupaten/kota di NTB dipastikan akan lebih sepi," katanya.
     
Gita menyatakan optimistis bahwa Pantai Medana ke depan akan semakin ramai dikunjungi wisatawan mancanegara dan Nusantara karena memiliki obyek wisata pantai yang indah. "Tidak jauh dari lokasi tersebut terdapat lokasi transplantasi karang, yakni di Pantai Jambianom," katanya.
    
Pantai ini juga semakin ramai dikunjungi wisatawan mancanegara, terutama untuk berenang sambil menikmati pemandangan bawah laut yang dihiasi terumbu karang hasil transplantasi yang dilakukan sejumlah nelayan Jambianom yang tergabung dalam kelompok nelayan Lestari Bahari.
      
"Jumlah wisatawan yang berkunjung ke NTB selama 2009 tercatat 619.330 orang, baik wisatawan mancanegara, maupun Nusantara. Ini berarti melampaui target yang telah ditetapkan, sebanyak 550.000 orang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com