Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Tetap Menarik bagi Wisman

Kompas.com - 01/04/2010, 16:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski sempat diguncang beberapa teror, Indonesia tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan mancanegara (wisman). Hal ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah wisman ke Jakarta pada bulan Februari 2010 yang mencapai 127.644 kunjungan. Hal ini dituturkan oleh Agus Suherman, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta, ketika jumpa pers mengenai inflasi pada bulan Maret yang berlangsung di Kantor BPS, Jalan Letjen Suprapto, Kamis (1/4/2010).

Berdasarkan data dari BPS, jumlah kunjungan wisman ke Jakarta melalui tiga pintu masuk, yaitu Soekarno-Hatta, Tanjung Priok, dan Halim Perdanakusumah, pada bulan Februari 2010 mengalami peningkatan hingga 3,71 persen dibanding dengan bulan Januari 2010.

"Pengunjung terbanyak untuk bulan Februari adalah Malaysia, China, Singapura, Jepang, dan Korea Selatan. Jumlah kunjungan dari lima negara ini mencapai 45,59 persen. Dengan kata lain, kelima negara tersebut memiliki peran penting karena menjadi pasar utama pariwisata asing Kota Jakarta," ucap Agus.

Hal ini sebenarnya dibuktikan oleh mulai banyaknya konser-konser artis mancanegara di Indonesia. Contoh saja, sejak bulan Januari 2010, artis-artis mancanegara tak lagi enggan datang berkunjung ke Indonesia, khususnya Jakarta. Oleh karena itu, perbaikan tempat-tempat pariwisata seharusnya mulai dilakukan oleh pemerintah agar minat wisman ke Indonesia semakin meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com