Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Ampat Buka Kantor Promosi di Bali

Kompas.com - 15/04/2010, 16:28 WIB

SANUR, KOMPAS.com - Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, yang kaya akan keindahan wisata bahari kelas dunia, membuka kantor promosi di kawasan Sanur, Bali, guna mendekatkan diri pada pasar turisme dunia.

"Wilayah kami memiliki 610 pulau besar dan kecil di kawasan kepala burung, Pulau Irian. Kami bisa berperan besar dalam pengembangan kepulauan yang bertumpu pada potensi sumber daya dan jasa kelautan. Karena itu perlu kantor promosi di Bali," kata Bupati Raja Ampat Marcus Wanma di Sanur, Kamis (15/4/2010).

Melalui kantor promosi itu, katanya, arah pengembangan dan koordinasi pengembangan wisata bahari kelas dunia tersebut diharapkan dapat dilaksanakan secara lebih baik.

Di Raja Ampat, terdapat beberapa resor wisata bahari, hotel, dan situs penyelaman dengan kekayaan terumbu karang dan binatang lautnya, yang mempesona.

Pulau Bali di mata pemangku kepentingan Kabupaten Raja Ampat memiliki posisi penting dalam upaya mempromosikan pariwisata bahari itu. "Bali telah menjadi ikon pariwisata dunia. Kami yakin akan tercipta sinergi yang baik," kata Marcus Wanma.

Data jumlah wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat menunjukkan, hampir 99 persen berasal dari Eropa, Amerika, dan Australia. Dari 7.000 wisatawan yang datang ke Raja Ampat pada tahun lalu, hanya sekitar 200 orang berasal dalam negeri.

Booklet Kabupaten Raja Ampat memaparkan, ekosistem terumbu karang merupakan potensi sumber daya maritim yang menonjol di sana, terutama di gugusan kepulauan kecil. Terdapat sekitar 540 jenis karang keras, termasuk 13 jenis karang endemik, dimana angka itu merupakan 75 persen karang endemik dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com