Yok Jadi "Backpacker", Jelajahi Asia Tenggara

Kompas.com - 16/04/2010, 05:47 WIB
Editor

Pergi ke luar negeri sekarang ini bukan lagi mimpi. Dengan makin banyaknya tiket penerbangan murah, menginap gratis di rumah sesama backpacker di seluruh dunia, mimpi keliling dunia bisa jadi kenyataan.

Tapi sekarang ini kita ngomongin backpacking ke beberapa negara di Asia Tenggara saja dulu ya. Negeri-negeri yang dekat dengan Indonesia. Ayo, cobain saat liburan mendatang....

Backpacker berasal dari kata backpack, yang artinya tas punggung atau ransel. Sedangkan orang yang melakukan perjalanan dengan menggunakan ransel disebut sebagai backpacker. Jadi aktivitas perjalanan yang dilakukan oleh backpacker disebut backpacking.

Melakukan perjalanan sebagai backpacker identik dengan perjalanan murah meriah. Semua lini pengeluaran diusahakan mencari yang semurah mungkin, bahkan gratis.

Pengeluaran yang terbesar dan terpenting dari seorang backpacker yang akan melakukan perjalanan ke luar Indonesia adalah tiket pesawat dan penginapan. Karena itu, kamu harus rajin mencari informasi penerbangan mana yang sedang memberikan harga diskon atau menjual tiket murah.

Rute-penginapan

Menentukan rute harus disesuaikan dengan waktu dan anggaran/dana yang kamu punya. Jika kamu punya waktu satu minggu, lebih baik memilih rute Singapura-Malaysia saja atau Malaysia-Thailand atau Thailand-Kamboja atau Kamboja-Vietnam. Atau kamu fokus di satu negara saja.

Kalau punya waktu dua minggu, kamu bisa pergi lebih jauh: Singapura-Malaysia-Thailand atau Thailand-Kamboja-Vietnam.

Kalo punya waktu satu bulan, kamu bisa pergi menjelajah lima negara di Asia Tenggara: Singapura-Malaysia-Thailand-Kamboja dan Vietnam.

Selama perjalanan, kamu bisa menginap di guest house atau hostel. Ada dua website yang bisa diandalkan untuk pencarian hostel, yakni http://www.hostelbookers.com atau http://www.hostelworld.com.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.