Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serabi Arab Tampil Mewah, Mau Coba?

Kompas.com - 06/05/2010, 22:08 WIB

KOMPAS.com - Serabi atau surabi tidak selalu identik dengan mbok-mbok berkebaya sambil memegang kipas bambu. Sekarang kue tradisional Indonesia ini tampil beda dengan aneka rasa. Tinggal pilih jenis topping-nya, jadilah kue serabi modern dengan rasa unik. Yang mana pilihan Anda?

Sejak lama, kue tradisional berbentuk bundar ini menjadi salah satu kudapan favorit orang Indonesia. Tepung beras dan kelapa (baik dalam bentuk santan maupun kelapa parut) adalah dua komponen utama serabi. Untuk kue serabi jenis tertentu, ada pula yang menambahkan tepung terigu, gula, atau garam untuk mendapatkan rasa asin-gurih.

Adonan serabi yang sudah jadi akan dicetak dalam tungku pemanggang dari tanah liat. Bentuknya bundar, mirip wajan kecil. Proses pemanggangan menyebabkan kue serabi gosong di bagian bawah, tapi justru itulah yang menimbulkan cita rasa dan aroma khas kue serabi.

Pernahkah Anda membayangkan kalau serabi juga bisa tampil mewah seperti pizza. Dari pada penasaran coba saja serabi super supreme ala Surabi Arab yang ada di Jalan Pajajaran, Bogor. Topping atau lapisan di atasnya dihias persis dengan isian pizza. Ada keju, nanas, paprika, tomat, bawang bombai, smoked beef. Cuma yang membedakan bagian dasarnya.

Kalau pizza menggunakan bahan tepung terigu yang mengembang jadi roti, sedangan serabi memakai tepung beras. Setelah dirasakan, rasa serabinya tidak kentara lantaran sudah tertutup topping yang begitu mantap.

"Kami ingin mengangkat citra kue tradisional sehingga bisa dikenal di dunia internasional. Salah satunya adalah dengan pengembangan dari topping serabi ini," ujar Imam Wijayanto pemilik Surabi Arab.

Ada 30 rasa serabi yang ditawarkan, mulai dari yang berasa asin, manis hingga dengan topping es krim. Serabi andalan dan menjadi best seller yaitu serabi oncom, serabi mayonese, dan serabi es krim.

Yang memakai saos mayonese ini pun di beri variasi lainnya seperti sosis, ayam, telur. Atau untuk yang khusus surabi mayonese juga ditambahkan topping seperti telur.

Imam menuturkan, untuk jenis serabi oncom dan serabi manis biasanya disukai oleh para orang tua, serabi es krim paling disuka kaum perempuan dan anak-anak, sedangkan kaum mudanya menggemari serabi mayonese.

Tidak pernah terbayangkan, oncom dijadikan lapisan untuk serabi. Rasanya pun cukup unik. Oncom yang digunakan jenis oncom hitam yang terbuat dari kacang tanah. Oncom tersebut ditumis beserta bumbu hingga kering, barulah diletakkan pada adonan serabi.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com