Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasi Bebek Pak Qomar

Kompas.com - 17/05/2010, 20:18 WIB

Oleh: NINA SUSILO

Dari depan rumah makan itu aroma bebek goreng sudah menggoda. Dan, rupanya, di lidah, daging bebek yang digoreng tidak terlalu kering itu terasa lembut dan gurih. Itulah sensasi rasa bebek goreng dari Depot Pak Qomar, Surabaya, Jawa Timur.

Tiba di Surabaya, rasanya belum lengkap kalau orang tidak makan nasi bebek. Warung penjaja bebek goreng bisa ditemukan hampir di semua sudut Kota Surabaya, salah satunya yang banyak dikunjungi orang adalah Depot Pak Qomar yang berlokasi di Jalan Lontar Kulon 46, Surabaya.

Depot atau katakanlah warung makan itu berukuran sekitar 7 meter x 7 meter. Ketika jam makan siang, pengunjung rela menunggu sampai ada meja kosong. Pengunjung datang dari berbagai kalangan. Mulai mereka yang menggunakan sepeda motor atau angkutan umum sampai pengunjung dengan kendaraan pribadi yang wangi parfum.

Apabila datang pada jam makan siang, bersiap-siaplah untuk mengantre. Jangan lupa mengawasi pengunjung yang sudah merampungkan makan supaya kita bisa segera ”menduduki” bangku mereka sebelum diduduki orang lain. Itu saking larisnya.

Tidak jarang pengunjung memesan puluhan potong bebek siap goreng untuk dibawa ke luar negeri. Bebek goreng Qomar pun bisa dinikmati di Malaysia, Singapura, bahkan Belanda.

”Biasanya yang (memesan) seperti itu, anak-anak dari Surabaya International School. Waktu SMP mereka sering makan di sini dan sekarang, setelah kuliah di luar negeri, mereka kangen dengan bebek goreng,” tutur Muhammad Yusuf (58), pemilik Depot Pak Qomar.

Pilihan hidangan di depot ini tidak banyak. Hanya ayam goreng atau bebek goreng. Jika suka, masih ada rempelo-ati atau ati ampela dan kepala bebek atau ayam yang dijual terpisah. Biasanya nasi dengan bebek goreng dihidangkan dalam satu piring disertai sesendok bumbu pekat dari rebusan bebek. Ada pula sesendok sambal tomat yang gurih. Nasi bebek itu bisa disantap dengan kawan lalapan daun kubis, potongan kacang panjang, mentimun, dan kemangi.

Harga nasi bebek goreng atau nasi ayam goreng Qomar Rp 10.000 per porsi. Ampela bebek dihargai Rp 4.000, sedangkan ampela ayam cukup Rp 1.000.

Bumbu ”jangkep”

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com