Babel Gencar Berpromosi

Kompas.com - 22/05/2010, 08:39 WIB

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Provinsi Bangka Belitung (Babel) terus menggencarkan promosi pariwisata dengan menggelar festival "Serumpun Sebalai", bagian dari menyukseskan program Visit Babel Archi 2010.

"Festival Serumpun Sebalai VI ini rencananya akan digelar pada 24 hingga 27 Juli 2010 di Kota Pangkalpinang yang akan dihadiri seluruh provinsi di Sumatra," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, Yan Megawandi di Pangkalpinang, Jumat (21/5/2010).

Ia menjelaskan, festival Serumpun Sebalai merupakan agenda rutin kepariwisataan di provinsi itu yang diyakini mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara. "Kami sudah siap menggelar festival ini, sekarang sedang dalam proses administrasi dan undangan sudah disebarkan kepada masing-masing daerah yang akan ambil bagian dalam kegiatan pariwisata ini," ujarnya.

Ia juga mengatakan, festival Serumpun Sebalai tahun ini diyakini lebih meriah dibanding tahun sebelumnya apalagi rencananya kegiatan juga akan dimeriahkan dengan kehadiran program "Kemilau Sumatra".

"Program Kemilau Sumatra dilaksanakan secara bergilir, tahun lalu diadakan di Sumatra Barat dan tahun ini Babel mendapat kehormatan menjadi tuan rumah yang kami gandengkan dengan kegiatan Serumpun Sebalai," ujarnya.

Ia mengatakan, Kemilau Sumatra adalah ajang seni dan budaya yang bertujuan untuk memajukan dunia kepariwisataan di Pulau Sumatra. "Kami mengharapkan dengan adanya program Kemilau Sumatra dapat menjadi nilai tambah bagi Babel dalam memajukan dunia kepariwisataan, terutama dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri," ujarnya.

Yan Megawandi mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan berbagai sarana pendukung untuk menyukseskan festival Serumpun Sebalai yang menjadi agenda kepariwisataan rutin setiap tahunnya. "Kami sudah mempersiapkannya seperti hotel, transportasi dan akomodasi lainnya untuk tamu yang ikut andil dalam festival Serumpun Sebalai ini," ujarnya.



Editormade

Close Ads X