Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Mi Juhi Khas Betawi Mas Slamet

Kompas.com - 16/06/2010, 11:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Maraknya makanan siap saji yang menyerbu Jakarta bukan berarti akan membuat kuliner tradisional kehilangan penggemar. Salah satu kuliner tradisional khas Betawi yang mulai jarang dijumpai, tetapi tetap diburu pembeli adalah mi juhi.

Untuk urusan olah-mengolah mi juhi, Slamet (41) adalah jagonya. Dia mewarisi keahlian meracik mi juhi langsung dari pakarnya yang asli Betawi. Rasanya yang beragam membuat mi juhi Mas Slamet patut diadu dengan makanan siap saji sekalipun.

Di warung miliknya yang berlabel “Mi Juhi Mas Slamet” di bilangan Sunter, Jakarta Utara, makanan tradisional Betawi itu tetap terjaga kelestariannya meski Slamet sendiri berasal dari Klaten, Jawa Tengah. Dengan mi juhinya, selain bisa meraup keuntungan yang tidak sedikit, Slamet berharap mi juhi tak hilang begitu saja ditelan zaman, bisa eksis, dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Mi juhi buatan Slamet memang tersohor enak oleh masyarakat yang bermukim di daerah Sunter, Jakarta Utara. Tak hanya rasanya, perpaduan antara bumbu, mi kuning, dan juhi yang pas membuat rasa mi juhinya begitu akrab di lidah masyarakat.

Perpaduan antara rasa manis, asam, dan gurih menjadi kenikmatan tersendiri dalam menyantap mi juhi buatan Slamet. Terlebih, harganya yang Rp 13.500, menjadikan mi juhi Mas Slamet menjadi makanan favorit yang bisa dijangkau masyarakat.

Slamet mengaku mi juhi buatannya merupakan mi juhi asli Betawi. Karena itu, dalam bahan-bahan campuran mi juhinya pun, Slamet hanya menggunakan bahan-bahan seperti yang terdapat pada mi juhi Betawi pada umumnya.

"Saya belajar dari H Jalal, orang Betawi asli yang pandai membuat mi juhi," kata Slamet, Rabu (9/6/2010).

Mengenai proses dan bahan pembuatannya, Slamet mengaku cukup sederhana dan hanya terdiri dari mi kuning, tahu putih yang digoreng, kentang kukus, cumi juhi, mentimun, daun selada, bumbu kacang, dan bahan-bahan pendukung lainnya.

Di tangan Slamet, aneka bahan-bahan sederhana itu berubah menjadi makanan khas Betawi yang lezat dan enak. Untuk menambah kelezatan rasa, biasanya Slamet menyajikan mi juhi buatannya bersama kerupuk udang atau emping melinjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com