Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulut Incar Wisatawan Rusia

Kompas.com - 12/07/2010, 07:57 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Provinsi Sulawesi Utara berupaya menarik wisatawan Rusia dengan menggelar pertemuan dengan tour-tour operator ternama Rusia, seperti Coral dan Golden Dolphin dalam acara yang bertema "The Beauty of North Sulawesi and Beyond".

"Dalam pertemuan itu dari pihak Indonesia hadir Dinas Pariwisata dan budaya Provinsi Sulawesi Utara dan Tasik Divers Manado, Minahasa Lagoon, Polow Tour dan Aviarep," ujar Sekretaris Ketiga Pensosbud KBRI Moskwa, Enjay Diana, kepada koresponden Antara London, Senin (12/7/2010).

Menurut Enjay Diana, ada berbagai alasan yang dapat menarik wisatawan asing khususnya dari Rusia untuk datang ke Sulut. "Selain alam yang elok maka makanannya yang khas merupakan daya tarik yang tiada banding," ujarnya.

Tidak heran tour operator Rusia terus berkiprah mempromosikan keindahan Sulut, agar wisatawan Rusia tidak hanya datang ke Bali.

Sementara itu Dubes RI untuk Federasi Rusia, Hamid Awaludin dalam pertemuan tersebut mengatakan jumlah wisatawan Rusia yang berkunjung ke Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan.

Dubes Hamid mengemukakan terdapat berbagai alasan mengapa Indonesia menjadi tujuan wisata orang Rusia antara lain iklim yang tropis, keindahan alam dan keanekaragaman budaya, serta keramahtamahan orang Indonesia.

"Beberapa alasan meningkatnya wisatawan Rusia ke Indonesia adalah karena Indonesia beriklim tropis, alam yang indah dan banyak pantai, keanekaragaman budaya, termasuk jenis makanan, dan keramahtamahan orang Indonesia," ujar Hamid Awaludin.

Menurut Dubes, peningkatan arus wisatawan dari Rusia karena banyaknya pilihan jalur penerbangan dari Rusia untuk mencapai Indonesia, termasuk ke Manado.

Acara temu bisnis bidang pariwisata digelar dalam upaya mempromosikan daerah tujuan wisata Indonesia kepada masyarakat Rusia. Destinasi pariwisata Indonesia tidak hanya Bali, karena  pemerintah telah menetapkan program "10 Destinations and Beyond" yang  salah satunya adalah Sulawesi Utara.

"Promosi budaya tidak hanya dilakukan pemerintah pusat tetapi pemerintah daerah juga berperan besar dalam dalam memajukan daerahnya, seperti yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara di Moskwa ini," ujar Hamid Awaludin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, Fredrik Rotinsulu menyampaikan Sulawesi memiliki potensi pariwisata yang besar terutama marine tourism (Bunaken) dan eco tourism objects. "Manado dan Bunaken sudah dikenal masyarakat Rusia terutama wisata diving," kata Fredrik Rotinsulu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com