Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DIY-Thailand Akan Kerja Sama Pariwisata

Kompas.com - 10/08/2010, 19:11 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan pemerintah Thailand menjajaki kerja sama sektor pariwisata dalam bidang pelatihan bahasa bagi pemandu wisata. "Pemerintah Thailand akan melatih pemandu wisata dari Daerah Istimewa Yogyakarta agar mampu berbahasa Thailand atau Tagalog," kata Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Pembangunan, Bayudono, usai mendampingi Wagub DIY Paku Alam IX menerima kunjungan Dubes Thailand untuk Indonesia, Thanatip Upatising, di Yogyakarta, Senin (10/8/2010).

Ia mengatakan Dubes Thanatip Upatising diharapkan dapat merealisasikan kerja sama tersebut, sehingga dapat lebih meningkatkan dan mempererat hubungan antara Pemprov DIY dengan pemerintah Thailand.

Dalam menjalin hubungan dengan Thailand, Pemprov DIY sudah cukup lama. Jika dirunut ke belakang sekitar 1888, Raja Rama ke-5 Thailand juga mengadakan kunjungan ke Yogyakarta menemui Sri Sultan Hamengku Buwono VII.

Selain itu, menurut Bayudono, Pemprov DIY sejak 2000 juga sudah mengadakan hubungan dengan Thailand dan membuat kerja sama dengan Provinsi Chiang Mai. "Hubungan DIY dengan Thailand seperti saudara. Kami sering berkunjung ke negeri Gajah Putih itu, dan orang Thailand juga sering berkunjung ke DIY," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com