Lion Air Siap Terbang ke Tana Toraja

Kompas.com - 10/08/2010, 22:29 WIB
EditorI Made Asdhiana

MAKASSAR, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Lion Air menyatakan siap membuka rute penerbangan ke Tana Toraja. Kesiapan pembukaan rute tersebut diungkapkan Presiden Direktur PT Lion Air Rusdi Kirana sebagai jawaban terhadap tantangan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Selasa (10/8/2010).

"Rute Toraja menarik mengingat wilayah tersebut merupakan salah satu tujuan wisata di Sulsel dan potensial jika ada rute penerbangan langsung atau rute penghubung dari lokasi tujuan wisata lainnya seperti Bali," kata Rusdi.

Namun, maskapai penerbangan tersebut meminta Pemprov mempersiapkan bandara yang mampu didarati oleh pesawat sejenis Fokker.

Ia juga menyatakan siap melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Pemprov Sulsel dan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja serta Toraja Utara. "Kalau memang teknisnya sudah dibicarakan, tinggal mengemas paket ke sana untuk menarik wisatawan karena ini terkait dengan jumlah penumpang dan tentunya berujung pada hitung-hitungan bisnis," katanya.

Gubernur Syahrul Yasin Limpo menyatakan, Pemprov siap bekerja sama dengan Lion Air untuk membuka rute penerbangan ke Tana Toraja. Penandatanganan kerja sama diharapkan terealisasi bersamaan dengan peringatan hari jadi Sulsel, Oktober mendatang.

Gubernur juga berharap, manajemen Lion Air memasang logo Pemprov Sulsel pada badan pesawat untuk menunjang penyelenggaraan "Visit South Sulawesi 2012".

"Pembukaan rute ini akan menunjang pengembangan wisata di sana. Pemprov siap melakukan kerja sama dengan manajemen dan tentu saja beserta hitungan bisnisnya," tambahnya.

Selama ini, rute penerbangan tersebut hanya dilayani pesawat perintis yakni SMAC Air dengan kapasitas 20 penumpang. Bandara perintis yang ada saat ini hanya bisa didarati oleh pesawat berbadan kecil sejenis Twin Otter atau Cessna dengan panjang landasan sekitar 1.200 meter. Sementara jika melalui jalan darat waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar delapan jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.